Saudi Intensifkan Sanitasi Masjidil Haram Jelang Musim Umroh

Rabu , 04 Aug 2021, 13:29 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Para pekerja mendisinfeksi halaman saat para jamaah haji menjaga jarak sosial saat mereka mengelilingi Ka
Para pekerja mendisinfeksi halaman saat para jamaah haji menjaga jarak sosial saat mereka mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Arab Saudi telah mempersiapkan area Masjidil Harom untuk menyambut kembali jamaah umroh, setelah pelaksanaan ibadah haji tahunan selesai. Pihak berwenang di Masjidil Haram, saat ini telah mengintensifkan upaya sanitasi dalam persiapan untuk umroh sebagai bagian dari tindakan pencegahan virus corona.

 

Terkait

Dilansir dari Alarabiya, Rabu (4/8), Arab Saudi akan menyambut peziarah internasional mulai 9 Agustus mendatang, dengan tindakan pencegahan yang ketat. Lebih dari 4.000 pekerja telah mulai mensterilkan Masjidil Haram dan area luar ruangan serta fasilitasnya lebih dari 10 kali sehari, dengan menggunakan pembersih dan parfum berkualitas tinggi.

"Hampir 60 ribu liter sterilisasi ramah lingkungan digunakan setiap hari selama proses pembersihan dan sekitar 1.200 liter parfum," SPA melaporkan.

Tim bekerja sepanjang waktu untuk mematuhi tindakan pencegahan di sekitar Masjidil Haram. Upaya ini dilakukan untuk memastikan pengunjung aman setiap saat.

"Sebanyak 11 robot telah ditempatkan di sekitar Masjidil Haram dengan fitur kecerdasan buatan dan 20 perangkat bio-perawatan untuk mensterilkan area masjid berulang kali," menurut SPA.

Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, jamaah umroh internasional yang menggunakan vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau jab Johnson & Johnson akan diizinkan untuk melakukan umrah. Jamaah di bawah usia 18 tahun dilarang melakukan ritual tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini