Dashboard Pemantau Stok Oksigen DKI Dinilai Sangat Membantu

Rabu , 04 Aug 2021, 22:18 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Tabung Oksigen (ilustrasi)
Tabung Oksigen (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Sistem papan instrumen (Dashboard) pemantau stok oksigen milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dinilai sangat membantu persediaan oksigen di rumah sakit rujukan  Covid-19."Apa yang dibikin Pemprov DKI itu ya terima kasih sangat membantu sebenarnya," kata Ketua Kompartemen Jaminan Kesehatan Nasional Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Fajaruddin Sihombing saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (4/8).

 

Terkait

Fajaruddin menuturkan kendala yang dihadapi rumah sakit rujukan  Covid-19 dalam memenuhi persediaan oksigen karena beberapa faktor, seperti permintaan yang tinggi namun tidak seimbang dengan stok yang tersedia. Selain itu, para pemasok oksigen mengalami kendala dalam pendistribusian akibat dari pembatasan mobilitas pada jalur distribusi, serta petugas yang menyalurkan terpapar  Covid-19 sehingga menghambat penyaluran.

Baca Juga

"Di situ sebenarnya kendala utamanya. Jadi memang antara demand dan supply-nya itu tidak seimbang, sehingga terhambatlah datang ke rumah sakit distribusinya itu," ujar Fajaruddin.

Hal lain yang masih menjadi kendala terkait persediaan oksigen menurut Fajaruddin, karena rumah sakit tidak dapat menghitung persediaan tabung oksigen saat kondisi jumlah pasien  Covid-19 bergejala berat membludak.Terlebih pihak rumah sakit pun tidak dapat memperkirakan jumlah pasien  Covid-19 bergejala berat yang harus dirujuk untuk mendapatkan perawatan segera.