Kamis 05 Aug 2021 03:54 WIB

FOZ Bahas Nasib Yatim Akibat Covid-19

FOZ siapkan program untuk anak yatim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Berbagi dengan anak yatim (ilustrasi).
Foto: Antara/ Feny Selly
Berbagi dengan anak yatim (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Umum Forum Zakat (FOZ), Bambang  Suherman mengatakan, Asosiasi tersebut kini tengah serius membahas anak-anak yatim maupun piatu, di mana mereka hidup tanpa adanya orang tua karena meninggal akibat covid-19.

"Saat ini kita sedang membahas serius tentang hal ini, kami sedang memantau perkembangan data tentang meningkatnya angka anak-anak yatim dan piatu akibat pandemi dalam rentang dua tahun terakhir ini," kata Bambang pada Rabu (4/8).

Baca Juga

Bambang melanjutkan, beberapa alternatif sudah disiapkan sebagai program intervensi. Sebagian besar memang menginduk pada optimalisasi lembaga-lembaga zakat yang berbasis tematik yatim seperti, Rumah Yatim, Yatim Mandiri, Yatim Dhuafa dan lainnya. 

"Tapi kita mulai berfikir menjadikan ini sebagai tematik bersama, sehingga misalnya lembaga zakat tidak langsung secara tematik yatim itu melakukan proses kampanye mobilisasi sumber daya, lalu kemudian mendukung lembaga-lembaga yatim tersebut dalam bentuk yang lebih permanen dan berkelanjutan," ucap Bambang.

Bambang mengungkapkan, lembaga zakat lainnya dapat memberikan subsidi dalam bentuk kebutuhan makanan bagi rumah-rumah yatim tersebut. Hal ini karena lembaga zakat lain ada yang memiliki program pangan, seperti pertanian, padi dan sayur, selain itu ada juga yang memiliki program peternakan sapi dan kambing.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement