Kamis 05 Aug 2021 14:04 WIB

Museum Al Shareef di Taif Tawarkan Perjalanan ke Masa Lalu

Pengunjung Museum dapat belajar tentang sejarah kawasan selama satu abad terakhir.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Museum Al-Shareef di Taif
Foto: Arab News
Museum Al-Shareef di Taif

IHRAM.CO.ID, TAIF -- Para tamu yang mengunjungi Museum Al-Shareef di Taif akan merasakan suasana berbeda di Musim Panas kali ini. Mereka akan dibawa kembali ke masa lalu saat melihat artefak, perabotan dan lukisan museum yang ditampilkan di museum terkenal ini.

Dilansir di Arab News, Kamis (5/8), pengunjung yang berkeliaran di sekitar aula museum ini dapat belajar tentang sejarah kawasan selama satu abad terakhir. Pengalaman menjelajah ini dilengkapi dengan informasi dari pemandu wisata khusus, yang dilisensi oleh Otoritas Pariwisata Saudi (STA).

Selama lebih dari 30 tahun, pemilik museum melakukan perjalanan melintasi Kerajaan untuk mengumpulkan berbagai artefak agar bisa ditempatkan di dalam museum.

Bangunan tersebut diketahui memiliki luas lantai 6.000 meter persegi. Museum bersejarah ini dibentuk dari batu tua dengan talang hujan yang muncul dari atap.

Pengunjung yang datang juga akan menemukan pintu kayu yang berbeda dan dihiasi dengan embel-embel besi. Hal ini memberi bangunan bentuk dan gaya arsitektur masa lalu, bersama dengan lentera yang menggantung di sepanjang bangunan untuk menerangi lorong-lorongnya.

Di sebuah ruangan disiapkan pasar museum yang menampilkan hadiah, barang antik, maupun pakaian yang mewakili kostum tradisional rakyat.

Di salah satu sudutnya, sejumlah perajin, pemahat, tukang kayu dan penjahit dapat ditemukan mengerjakan berbagai proyek. Mereka selalu antusias menawarkan suvenir kepada pengunjung.

Semua fitur unik ini memenuhi syarat kegubernuran Taif untuk menjadi salah satu dari 11 tujuan wisata, yang diumumkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi melalui platform “Visit Saudi Arabia”.

Pihak berwenang meluncurkan Program Musim Panas Saudi 2021 di bawah slogan “Our Summer, Your Mood", dari 24 Juni hingga akhir September. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement