Kamis 05 Aug 2021 20:10 WIB

BI: Pertumbuhan Ekonomi Positif, Terus Tingkatkan Koordinasi

Perekonomian Indonesia pada kuartal II 2021 mencatat pertumbuhan positif.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agung Sasongko
Bank Indonesia
Foto: Prayogi/Republika
Bank Indonesia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Perekonomian Indonesia pada kuartal II 2021 mencatat pertumbuhan positif untuk pertama kali sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, sebesar 7,07 persen (yoy). Kinerja tersebut melanjutkan perbaikan yang telah terjadi hingga kuartal I 2021 dan merupakan pertumbuhan tertinggi sejak kuartal IV 2004 (7,16 persen).

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyampaikan pertumbuhan ini telah menyebabkan nilai PDB riil pada kuartal II telah melampaui nilai PDB riil pada kuartal IV 2019, sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Perbaikan ekonomi ditopang oleh kinerja positif seluruh komponen permintaan dan lapangan usaha (LU).

Baca Juga

"Ke depan, untuk mendorong perbaikan ekonomi, Bank Indonesia terus meningkatkan koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dan instansi terkait, termasuk melalui koordinasi kebijakan moneter–fiskal, kebijakan peningkatan ekspor, serta inklusi ekonomi dan keuangan, di tengah berlanjutnya akselerasi pelaksanaan vaksin dan penerapan protokol kesehatan," katanya dalam keterangan, Kamis (5/8).

Dari sisi permintaan, perbaikan ekonomi pada kuartal II 2021 terutama didorong oleh peningkatan kinerja ekspor, konsumsi rumah tangga, investasi, dan konsumsi Pemerintah. Pada kuartal II 2021, ekspor tumbuh sangat tinggi sebesar 31,78 persen (yoy) didukung oleh kenaikan permintaan negara mitra dagang utama.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement