Selasa 10 Aug 2021 17:29 WIB

Yuk Temukan Perbedaan Prodi Informatika dan Sistem Informasi

Mengenal prodi penting sekali untuk menentukan pilihan jurusan.

Walaupun penamaan Prodi Informatika dan Sistem Informasi hampir sama,  keduanya memiliki perbedaan.
Foto: Dok UNM
Walaupun penamaan Prodi Informatika dan Sistem Informasi hampir sama, keduanya memiliki perbedaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang dicita-citakan oleh siswa setelah lulus dari jenjang SMA/SMK. Tahu informasi terkait program studi (prodi) penting sekali untuk menentukan pilihan jurusan pada jenjang perkuliahan, khususnya yang tertarik di bidang teknologi informasi. Ada dua prodi yaitu Prodi Informatika dan Sistem Informasi, yang sudah sangat dikenal di tengah masyarakat sebagai jurusan di bidang Teknologi Informasi atau Information Technology (IT).

Peran IT untuk mempermudah aktivitas manusia saat ini sudah semakin nyata. Manusia hampir tidak bisa lepas dari peran teknologi. Perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung ini menjadi salah satu faktor utama, mengapa teknologi informasi begitu potensial di tengah masyarakat.

Dengan prospek kerja yang bagus, membuat profesi di bidang IT sangat menjanjikan. Saat ini, kebutuhan IT terus meningkat seiring dengan penerapan teknologi di perusahaan. Selain memiliki peran penting di perusahaan, IT juga dapat membuka usaha independen juga menciptakan inovasi baru dibidang teknologi.

Jadi, saat ini tidak ada salahnya mendalami dunia IT dan membuat temuan dengan membuat aplikasi-aplikasi yang inovatif untuk membantu kepentingan banyak orang. Jenjang karir di bidang IT tentu sangat luas.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di bidang teknologi informasi jangan bingung untuk memilih antara prodi Informatika dan Sistem Informasi. Informatika dan Sistem Informasi merupakan dua prodi yang bergerak bidang IT. Walaupun penamaan dua prodi ini hampir sama,  keduanya memiliki perbedaan. 

Beberapa mata kuliah yang diambil dan prospek kerja dari kedua prodi ini juga berbeda, yuk cek perbedaannya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

1. Mata Kuliah yang harus ditempuh

Banyaknya mata kuliah yang diambil untuk Prodi Sistem Informasi dan Informatika akan bergantung pada jenjang pendidikan yang diambil dan di kampus mana kamu mengambil studi. Jenjang Diploma Tiga (D3) ataupun jenjang Sarjana (S1) biasanya memiliki mata kuliah wajib sebagai dasar untuk memahami tentang Sistem Informasi dan Informatika.

2. Intensitas praktik yang dilakukan

Banyaknya praktik di Prodi Sistem Informasi dan Informatika tentu akan berbeda. Prodi Informatika biasanya akan belajar juga tentang perangkat keras dan sedikit tentang perangkat lunak. Namun untuk Prodi Sistem Informasi, sangat sedikit bahkan hampir tidak mengotak-atik perangkat keras (hardware). Semua yang dipelajari di  Sistem Informasi akan terkait dengan perangkat lunak. Banyaknya waktu praktik mungkin sama, namun keduanya berada pada ranah yang berbeda.

3. Pengetahuan tentang bisnis

Sistem Informasi akan belajar lebih banyak tentang Bisnis IT. Hal itu dikarenakan seseorang dengan keahlian di bidang sistem informasi dapat menjadi penengah antara klien dengan programmer. Sedangkan untuk informatika cenderung mengarah pada hal yang bersifat teknis sehingga tidak terlalu mendalami tentang Bisnis IT.

4. Pengetahuan tentang bahasa pemrograman

Pada  semester awal, Prodi Sistem Informasi dan Informatika biasanya akan mempelajari dasar pemrograman. Akan tetapi, bahasa pemrograman yang dipelajari akan berbeda pada  semester-semester berikutnya. 

5. Pemahaman tentang database

Database menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan sistem terkomputerisasi. Prodi Sistem informasi biasanya akan mengambil jumlah SKS yang lebih banyak untuk memahami secara mendalam tentang database. Mahasiswa Sistem Informasi biasanya memiliki pengetahuan tentang Database Management System (DBMS) yang biasanya digunakan dalam tahapan pengembangan sistem informasi.

6. Pengetahuan tentang jaringan komputer

Prodi Informatika biasanya akan memperdalam tentang jaringan komputer, sebagai salah satu mata kuliah yang dapat menunjang prospek kerja. Jaringan komputer mengupas tentang pemahaman jaringan di dalam institusi, agar dapat saling terkoneksi. Biasanya prodi Sistem Informasi hanya belajar tentang teorinya saja, sedangkan prodi Informatika akan memperdalam hingga praktik pembuatan jaringan.

7. Pemahaman tentang hardware

Pengetahuan tentang hardware tentu akan lebih banyak di  Informatika. Biasanya dalam mata kuliah ini, mahasiswa mengambil mata kuliah tentang perangkat keras komputer sehingga perlu memahami isi pada CPU, monitor, dan perangkat keras lainnya. Tidak hanya memahami bagiannya saja, mahasiswa juga harus mampu untuk membongkarnya dan merakitnya kembali.

Sedangkan untuk Sistem Informasi hanya secara teori saja, tidak sampai pada praktik. Walaupun begitu, biasanya Informatika akan mengembangkan suatu sistem yang terkoneksi dengan hardware seperti robotik.

8. Pemahaman tentang software

Prodi Sistem Informasi akan lebih banyak belajar tentang software jika dibandingkan dengan Informatika. Biasanya Sistem Informasi akan lebih banyak berkutat dengan koding namun penggunaannya hanya pada perangkat lunak saja. Hal itu membuat mahasiswa sistem informasi biasanya lebih familiar terhadap beberapa bahasa pemrograman.

9. Pengetahuan tentang manajemen proyek

Untuk mempelajari tentang manajemen proyek, tentu akan bergantung pada kurikulum yang diberlakukan pada suatu kampus dimana kamu menempuh studi. Di  Prodi Sistem Informasi, pembahasan tentang manajemen proyek biasanya lebih mendalam. Mahasiswa akan belajar juga tentang apa saja komponen yang diperlukan dalam suatu proyek, mengatur penjadwalan proyek, dan prosedur yang harus dilakukan agar proyek dapat diselesaikan tepat waktu.

10. Badan usaha atau instansi yang dipilih untuk PKL

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan mahasiswa menjelang semester akhir. Prodi Informatika dan Sistem Informasi bisa berada dalam instansi yang sama. Namun hal yang dianalisis tentu akan berbeda. Biasanya Informatika lebih menganalisis tentang jaringan, sedangkan Sistem Informasi lebih berfokus analisis sistem.

11. Prospek kerja setelah lulus

Kesempatan berkair untuk prodi Sistem Informasi dan Informatika sangat luas, keduanya juga memiliki bidang profesi yang berbeda. Sistem Informasi biasanya dibutuhkan untuk profesi Programmer, Web Designer, System Analyst, Database Designer, dan bagian lain terkait dengan pengembangan perangkat lunak, perancangan sistem informasi, dan desain database.

Sedangkan Informatika biasanya bekerja pada profesi yang terkait dengan teknik, seperti Network Administrator, Staff IT, dan Newtork Maintenance. Lulusan dari program studi ini, juga bisa menjadi bagian dari pengembangan proyek artificial intelligence (AI) yang mengimplementasikan bahasa pemrograman untuk robotika.

12. Kebutuhan perangkat praktikum saat studi

Laptop akan sangat dibutuhkan dalam proses belajar di kedua prodi ini. Spesifikasi yang dibutuhkan biasanya akan berbeda. Beberapa bahasa pemrograman tertentu terkadang menuntut harus memiliki laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Kapasitas RAM juga biasanya akan mempengaruhi performa laptop saat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ketika memiliki laptop dengan fitur yang memadai, tentunya akan lebih leluasa saat praktik.

Itulah beberapa perbedaan antara prodi Sistem Informasi dan Informatika. Jadi, jangan bingung dan ragu lagi untuk memilih antara prodi Sistem Informasi atau Informatika. Pilihlah kampus unggulan yang memiliki dua program studi tersebut. 

Sebagai referensi, kamu bisa mencari tahu di  kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang merupakan salah satu perguruan terbaik di DKI Jakarta. Saat ini, meski pandemi belum usai, tapi, bukan menjadi halangan untuk tetap maju dan menggapai mimpi. Karena kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) sudah menyediakan aplikasi pendaftaran secara online melalui aplikasi PMB NUSA MANDIRI yang dapat di download pada playstore. Dan dapat mendaftar hanya dari rumah saja. 

Yuk, tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu sekarang. Sebab, Jadi Sarjana…? Nusa Mandiri Tempatnya!.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement