Rabu 11 Aug 2021 12:38 WIB

Masjid Warisan Seljuk di Turki Direstorasi

Masjid Ebu’l Menuçehr akan dibuka pada peringatan 957 tahun penaklukan Seljuk.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid
Foto: wikipedia
Masjid

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Masjid Turki pertama di Anatolia, yang terletak di provinsi timur distrik Ani Kars, akan dibuka pada 16 Agustus, setelah dilakukan restorasi yang memakan waktu sampai setahun. Masjid ini bakal dibuka pada waktu yang bertepatan dengan peringatan 957 tahun penaklukan distrik Ani.

"Masjid Ebu’l Menuçehr akan dibuka pada peringatan 957 tahun penaklukan distrik Ani," kata Gubernur Kars Türker küz kepada Demirören News Agency, dilansir dari laman Hurriyet Daily News, Selasa (6/8).

Baca Juga

Masjid Ebu'l Menuçehr terdiri dari dua lantai dan dibangun oleh manajer lokal, Menuçehr, yang ditunjuk oleh Sultan Seljuk Alparslan setelah memasuki wilayah Ani pada 1064. "Selain restorasi, proses ekskavasi sedang berlangsung di kawasan itu dengan tim yang terdiri dari 35 orang ahli," kata gubernur.

Meskipun masjid mengalami restorasi sebagian antara tahun 2008 dan 2010, semua celah dan lubang pada struktur luar bangunan tidak diperbaiki. Setelah masjid menjadi bangunan tertutup untuk dibuka untuk layanan, proses restorasi baru akan dimulai di dalam masjid setelah musim panas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement