Lima Cara Meraih Khusnul Khotimah

Rabu , 11 Aug 2021, 17:20 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi kematian
Ilustrasi kematian

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini warganet dibuat kagum dengan peristiwa meninggalnya seorang ulama asal Banten dengan tanda-tanda khusnul khotimah (akhir yang baik). Usai mengucap dua kalimat syahadat saat menjadi wali nikah seseorang, tokoh agama tersebut menghembuskan nafas terakhirnya.

 

Terkait

Sebenarnya banyak kisah menceritakan kondisi wafatnya seseorang dengan tanda-tanda khusnul khotimah. Ada yang meninggal dalam keadaan syahid di medan perang, ada juga yang memiliki tanda khusnul khotimah di atas ranjang, seperti Bilal bin Rabah yang di ujung hayatnya sempat memberi pesan kepada anaknya supaya tidak menangisinya, dengan mengatakan, “Putriku, jangan menangisi aku. Besok aku akan bertemu para kekasih, Muhammad dan sahabatnya.”

Baca Juga

Khusnul khotimah adalah harapan setiap muslim. Karena akhir dari kehidupan di dunia menjadi penentu kehidupan kita selanjutnya. Jika akhir seseorang baik, maka akan mendapatkan kehidupan di kampung akhirat yang baik pula. Sebaliknya, jika akhir seseorang buruk, maka akan mendapatkan azab yang dahsyat, mulai dari siksa kubur, hingga siksaan neraka yang pedih.

Ada beragam cara untuk mendapat khusnul khotimah yang diajarkan Allah SWT dan Rasul-Nya. Berikut adalah lima cara menggapai khusnul khotimah yang dijelaskan Dr. Muinudinillah dalam bukunya, “Khusnul khotimah, jalan menggapai indahnya kematian menuju kebahagiaan abadi.”