Jumat 13 Aug 2021 23:26 WIB

Bolehkah Mencium Istri Saat Puasa?

Mencium Istri Saat Berpuasa Menurut Hadist

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Bolehkah Mencium Istri Saat Puasa?. Foto:   Ilustrasi Puasa
Foto: Republika/Mardiah
Bolehkah Mencium Istri Saat Puasa?. Foto: Ilustrasi Puasa

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan berhubungan suami-istri selama waktu berpuasa. Lebih dalam dari itu, bagi orang-orang alim puasa juga termasuk menahan diri dari perbuatan buruk, prasangka buruk, pikiran buruk dan penyakit hati. Termasuk menjaga pandangan, ucapan, pendengaran dari hal-hal yang tidak diridhoi Allah.

Muncul pertanyaan, lantas bagaimana jika sedang berpuasa mencium istri. Dalam Musnad Ahmad diceritakan ketika Umar Bin Khattab sedang berpuasa dan mencium istrinya. Kemudian Umar Bin Khattab menceritakan prihal tersebut kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ حَدَّثَنَا لَيْثٌ حَدَّثَنِي بُكَيْرٌ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيِّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ هَشَشْتُ يَوْمًا فَقَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ صَنَعْتُ الْيَوْمَ أَمْرًا عَظِيمًا قَبَّلْتُ وَأَنَا صَائِمٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَأَيْتَ لَوْ تَمَضْمَضْتَ بِمَاءٍ وَأَنْتَ صَائِمٌ فَقُلْتُ لَا بَأْسَ بِذَلِكَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَفِيمَ

Umar Bin Khattab mengatakan, "Pada suatu hari hasyratku (syahwatku) bergejolak, kemudian mencium (istri) padahal aku sedang berpuasa, maka aku datang menemui Rasulullah SAW. Aku mengatakan hari ini aku melakukan suatu perbuatan (kesalahan) yang besar, aku mencium (istri) padahal sedang berpuasa."

Rasulullah SAW menjawab, "Apa pendapatmu apabila kamu berkumur-kumur dengan air padahal kamu sedang berpuasa?" Umar Bin Khattab menjawab, "Hal itu tidak mengapa (tidak membatalkan puasa)." Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Lalu di mana masalahnya?" (Musnad Ahmad).

Dalam hadist ini, dijelaskan bahwa mencium istri saat berpuasa tidak membatalkan puasa. Akan tetapi, perbuatan-perbuatan yang bisa memancing diri ini membatalkan puasa sebaiknya tidak dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement