Ahad 15 Aug 2021 16:31 WIB

Haji Bektash Veli, Filsuf Muslim Sebarkan Islam di Turki

Haji Bektash Veli dianggap sebagai pemimpin sufi berpengaruh di Anatolia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Sufi (ilustrasi).
Foto: trt.net
Sufi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, ANKARA – Dinasti Seljuk memiliki populasi besar suku Oghuz dan Cuman yang menetap di dataran besar dan stepa Anatolia. Temuan arkeologi termasuk sisa-sisa prajurit Cuman yang hidup dan mati di tanah Anatolia, terutama di wilayah Anatolia timur.

Tentara Turki membantu mengubah Anatolia Bizantium menjadi Turki dan segala jenis suku Turki, terutama Oghuz dan Cuman. Transformasi suku-suku Turki berupa menjalani tradisi lisan ke bahasa tertulis dan dari kepercayaan sinkretis ke agama Islam.

Baca Juga

Di sisi lain, orang Turki juga memengaruhi kelompok Kristen di Anatolia. Meskipun tidak ada konversi keyakinan yang dipaksakan di Anatolia, kelompok agama Turki, termasuk tarekat Sufi mengadakan kampanye untuk meyakinkan orang untuk pindah agama.

Satu nama muncul di garis depan para pemimpin Sufi pada periode awal Turki di Anatolia adalah Haji Bektash Veli. Haji Bektash Veli dianggap sebagai pemimpin sufi paling signifikan yang pernah tinggal di Anatolia bahkan lebih besar dari Mevlana Jalaluddin Rumi dan Yunus Emre berkat perannya dalam penyebaran Islam. Umumnya dia digambarkan sebagai sosok yang rendah hati dan sangat mencintai hewan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement