Senin 16 Aug 2021 21:56 WIB

Saudi Evakuasi Kedubes di Kabul

Arab Saudi telah mengevakuasi semua anggota Kedubesnya di Afghanistan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
Taliban kuasai Istana Presiden Afghanistan di Kabul.
Foto: Google.com
Taliban kuasai Istana Presiden Afghanistan di Kabul.

IHRAM.CO.ID, KABUL -- Kerajaan Arab Saudi telah mengevakuasi semua anggota Kedubesnya di Afghanistan, karena kondisi yang tidak stabil di negara itu. Kementerian Luar Negeri juga mengkonfirmasi bahwa semua anggota kedutaan Kerajaan telah tiba di rumah dalam keadaan sehat.

Dilansir dari Alarabiya English, Ahad (15/8), ratusan pegawai kedutaan besar AS di Kabul juga telah dievakuasi dari Afghanistan, kata seorang pejabat pertahanan AS. Evakuasi telah rampung saat Taliban mulai memasuki ibu kota dan menguasainya.

Baca Juga

Bandara internasional di Kabul masih terbuka untuk penerbangan komersial, kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu, karena upaya evakuasi dipercepat.

Jerman juga dilaporkan telah menerbangkan staf kedutaannya keluar dari Kabul pada Ahad (15/8) malam, kata Menteri Luar Negeri Heiko Maas, seraya menambahkan bahwa semua karyawan saat ini aman di bagian militer bandara.

Kelompok bersenjata Taliban semakin menunjukkan pengaruhnya sejak pasukan Amerika Serikat (AS) ditarik Joe Biden dari negara tesebut. Mereka bahkan dilaporkan telah menguasai istana kepresidenan dan 10 provinsi di Afghanistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement