Kamis 19 Aug 2021 14:10 WIB

4 Perintah Alquran Terhadap Anak Yatim

Banyak ayat Alquran yang membahas tentang anak yatim

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah anak yatim piatu
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sejumlah anak yatim piatu

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Anak yatim merupakan sosok manusia yang mendapat kedudukan khusus di sisi Allah. Banyak ayat Alquran yang membahas tentang anak yatim, misalnya sikap orang-orang beriman terhadap anak yatim. Setidaknya ada empat hal yang perlu dilakukan kepada anak yatim, seperti yang dijelaskan oleh Drs. Muhsin dalam bukunya Mari Mencintai Anak Yatim.

1. Berbuat baik kepada anak yatim

Alquran menjelaskan keharusan orang-orang beriman untuk berbuat baik kepada anak yatim. Allah berfirman dalam surat An-Nisaa ayat 36:

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri,”

Ayat tersebut memerintahkan untuk selalu berbuat baik pada anak yatim dalam berbagai hal. Berbuat baik kepada mereka dapat meringankan atau menghilangkan kesengsaraan dan penderitaan dan mengangkat martabat.

2. Memuliakan anak yatim

Selain berbuat baik, Allah menyuruh untuk memuliakan dan menghormati anak yatim. Jika tidak berbuat demikian, seseorang akan mendapat teguran dan peringatan dari Allah sebagaimana yang tercantum dalam surat Al-Fajr ayat 17:

كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ

“Sekali-kali tidak! Bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim,”

Memuliakan dan menghormati anak yatim dapat membesarkan hati dan mengangkat harga diri. Perasaan anak yatim harus selalu dijaga, jangan sampai melontarkan perkataan kasar dan menyinggung.

3. Mengurus anak yatim secara adil

Mereka yang mengurus anak yatim di rumah atau di panti asuhan perlu menjaga diri dan berusaha merawat anak-anak secara adil. Allah berfirman dalam surat An-Nisaa ayat 127:

وَيَسْتَفْتُوْنَكَ فِى النِّسَاۤءِۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِيْهِنَّ ۙوَمَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ فِى الْكِتٰبِ فِيْ يَتٰمَى النِّسَاۤءِ الّٰتِيْ لَا تُؤْتُوْنَهُنَّ مَا كُتِبَ لَهُنَّ وَتَرْغَبُوْنَ اَنْ تَنْكِحُوْهُنَّ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْوِلْدَانِۙ وَاَنْ تَقُوْمُوْا لِلْيَتٰمٰى بِالْقِسْطِ ۗوَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِهٖ عَلِيْمًا

“Dan mereka meminta fatwa kepadamu tentang perempuan. Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang mereka, dan apa yang dibacakan kepadamu dalam Al-Qur\'an (juga memfatwakan) tentang para perempuan yatim yang tidak kamu berikan sesuatu (maskawin) yang ditetapkan untuk mereka, sedang kamu ingin menikahi mereka dan (tentang) anak-anak yang masih dipandang lemah. Dan (Allah menyuruh kamu) agar mengurus anak-anak yatim secara adil. Dan kebajikan apa pun yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.”

Dengan mengurus dan mengasuh anak yatim akan memungkinan mereka tumbuh secara wajar dan lebih baik. Mereka dapat menikmati hidup dengan sebaik-baiknya.

4. Memberi makanan kepada anak yatim

Selain mengasuh, Allah juga mengajarkan kepada orang-orang beriman agar tidak menelantarkan anak yatim menjadi sengsara. Jika mereka membutuhkan harta dan makanan hendaknya diberikan. Allah berfirman dalam surat Al-Insan ayat 8:

وَيُطْعِمُوْنَ الطَّعَامَ عَلٰى حُبِّهٖ مِسْكِيْنًا وَّيَتِيْمًا وَّاَسِيْرًا

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan,”

Dari ayat tersebut terlihat sudah menjadi kewajiban bagi orang yang berkecukupan untuk membantu dhuafa, termasuk memberi harta dan makanan kepada anak-anak yatim yang terlantar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement