Rabu 01 Sep 2021 12:41 WIB

Ketika Manusia Diberi Hikmah oleh Allah Swt

Allah SWT akan memberikan hikmah tersebut kepada manusia yang dikehendaki-Nya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto: republika
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alquran dijelaskan bahwa manusia yang mendapatkan hikmah dari Allah SWT adalah manusia yang diberi kebaikan yang sangat banyak. Allah SWT akan memberikan hikmah tersebut kepada manusia yang dikehendaki-Nya.

Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah Ayat 269 dan tafsirnya.

يُّؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ اُوْتِيَ خَيْرًا كَثِيْرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّآ اُولُوا الْاَلْبَابِ

Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat. (QS Al-Baqarah: 269).

Terkait ayat ini Tafsir Kementerian Agama menerangkan, Allah akan memberikan hikmah kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Maksudnya Allah mengkaruniakan hikmah kebijaksanaan serta ilmu pengetahuan kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-Nya sehingga dengan ilmu dan hikmah itu dia dapat membedakan antara yang benar dan yang salah, antara was-was setan dan ilham dari Allah SWT.

Alat untuk memperoleh hikmah adalah akal yang sehat dan cerdas, yang dapat mengenal sesuatu berdasarkan dalil-dalil dan bukti-bukti, serta dapat mengetahui sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya. Barang siapa yang telah mencapai hikmah dan pengetahuan yang demikian itu berarti dia telah dapat membedakan antara janji Allah dan bisikan setan, lalu janji Allah diyakini dan bisikan setan dijauhi dan ditinggalkan.

Allah menegaskan bahwa siapa saja yang telah memperoleh hikmah dan pengetahuan semacam itu, berarti dia telah memperoleh kebaikan yang banyak, baik di dunia, maupun di akhirat kelak.

Manusia yang mendapatkan hikmah itu tidak mau menerima bisikan-bisikan jahat dari setan. Bahkan dia menggunakan segenap panca indera, akal dan pengetahuannya untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang batil, mana yang petunjuk Allah dan mana yang bujukan setan, kemudian dia berserah diri sepenuhnya kepada Allah.

Pada akhir ayat ini Allah memuji orang yang berakal dan mau berpikir. Mereka selalu ingat dan waspada serta dapat mengetahui apa yang bermanfaat dan dapat membawanya kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement