Payakumbuh Cocok untuk Pengembangan Tanaman Bawang Merah

Kamis , 02 Sep 2021, 15:59 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Payakumbuh Cocok untuk Pengembangan Tanaman Bawang Merah
Payakumbuh Cocok untuk Pengembangan Tanaman Bawang Merah

IHRAM.CO.ID, PAYAKUMBUH -- Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sumatra Barat Erwin Yunaz menilai daerah itu cocok untuk pengembangan tanaman bawang merah. "Bisa dilihat sekarang dari hasil panen yang dilakukan, dari 50 kilogram bibit hasilnya diperkirakan mencapai 600 sampai 700 kilogram," ujarnya saat memanen tanaman bawang merah milik Kelompok Tani Kosiak Sub Hortikultura SL Cabai dan Bawang Mandiri di Kelurahan Payolinyam Payakumbuh, Kamis (2/9).

 

Terkait

Ia mengatakan hasil panen yang memuaskan ini, tentu tidak terlepas dari persiapan dan bibit yang baik yang ditanam dan tentunya ini juga akan berdampak baik bagi petani salah satunya untuk peningkatan ekonomi. "Kita dari Pemerintah Kota Payakumbuh akan memberikan dukungan yang lebih baik kepada para petani sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian mereka," kata dia.

Baca Juga

Untuk itu, Erwin mengimbau masyarakat yang memiliki lahan kosong dapat mengubah lahan mereka menjadi lahan yang produktif seperti pertanian. "Tidak hanya untuk penanaman bawang merah, banyak hal yang dapat kita tanam di lahan kita. Bisa saja itu jagung dan cabai," katanya.

Ketua Kelompok Tani Kosiak Sub Hortikultura Hengki Putra mengatakan bibit yang digunakan untuk saat ini merupakan hasil bantuan dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP). "Tidak hanya bibit, kami juga mendapatkan pengawasan dari BPP dan dinas pertanian. Alhamdulillah hasil bawang kita untuk saat ini sangat memuaskan," ujarnya.

Ia mengatakan kelompok taninya sudah melakukan empat kali tanam bawang merah untuk di lokasi tanam saat ini, yakni di kelurahan Payolinyam, Kecamatan Payakumbuh Utara. "Alhamdulillah dari beberapa kali kita melakukan penanaman bawang merah kita di sini hasilnya sangat baik dan memuaskan. Apalagi saat ini harga bawang cukup baik," ungkapnya.

Dia mengatakan kondisi cuaca yang sering hujan tidak berpengaruh kepada hasil, namun hanya berpengaruh kepada fisik dari bawang tersebut. "Jadi daunnya itu rebah karena hujan yang cukup sering terjadi di Kota Payakumbuh, tapi tidak berpengaruh kepada hasil," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini