Masjid Hijau Pertama Dunia Tampung 600 Jamaah

Selasa , 07 Sep 2021, 02:26 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid hijau atau masjid ramah lingkungan pertama terletak di Hatta, Dubai, Uni Emirat Arab.
Masjid hijau atau masjid ramah lingkungan pertama terletak di Hatta, Dubai, Uni Emirat Arab.

IHRAM.CO.ID,  ABU DHABI -- Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) telah meresmikan masjid pertama di dunia yang menerima peringkat platinum untuk bangunan hijau oleh Leadership for Energy and Environmental Design (LEED v4) dari US Green Buildings Council (USGBC) dengan 83 poin

 

Terkait

Masjid di Hatta dapat menampung lebih dari 600 jamaah di atas lahan seluas 1.050 meter persegi sesuai standar kelestarian lingkungan tertinggi.

Baca Juga

"Ini sesuai dengan Rencana Induk Perkotaan Dubai 2040 yang diluncurkan oleh Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, yang menguraikan peta jalan terpadu untuk pembangunan perkotaan berdasarkan pembangunan berkelanjutan untuk membuat Dubai tempat terbaik untuk hidup," kata Direktur pelaksana dan CEO DEWA, Saeed Mohammed Al Tayer, dilansir dari laman Khaleej Times pada Senin (6/9).

Masjid ini terdiri dari menara setinggi 25 meter, parkir mobil dan sepeda motor, fasilitas untuk People of Determination, dan stasiun pengisi daya hijau. Ini menghemat sekitar 26,5 persen energi dan 55 persen air. Panel surya fotovoltaik saat ini sedang dipasang, serta unit pengolahan air untuk menggunakan kembali air untuk irigasi dan pembersihan.