Selasa 07 Sep 2021 12:13 WIB

Alquran Ingatkan Umat Islam Jangan Berselisih

Alquran memperingatkan agar umat Islam tidak bercerai-berai atau berselisih.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Alquran (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran adalah panduan atau petunjuk bagi umat manusia khususnya umat Islam. Alquran sudah memperingatkan agar umat Islam tidak bercerai-berai atau berselisih.

Peringatan tersebut tertulis dalam Surah Ali Imran Ayat 105.

وَلَا تَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ تَفَرَّقُوْا وَاخْتَلَفُوْا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْبَيِّنٰتُ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ ۙ

Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat. (QS Ali Imran: 105)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan ayat ini, artinya Allah melarang umat Islam dari perpecahan, karena dengan perpecahan itu seberapapun kukuh dan kuat kedudukan suatu umat, pasti akan membawa kepada keruntuhan dan kehancuran. Karena itu Allah memperingatkan agar umat Islam tidak terjerumus ke jurang perpecahan.

Dalam penjelasan Tafsir Ringkas Kementerian Agama, artinya janganlah kamu, wahai orang Mukmin, menjadi seperti orang-orang yang berkelompok-kelompok, seperti orang Yahudi dan Nasrani yang bercerai-berai dan berselisih dalam urusan agama dan kemaslahatan umat, karena masing-masing mengutamakan kepentingan kelompoknya.

Betapa buruk apa yang terjadi pada mereka, karena berselisih secara sadar dan sengaja setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas, yaitu diutusnya para Rasul dan diturunkannya kitab-kitab. Mereka yang berkelompok dan berselisih itulah orang-orang yang celaka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat kelak di hari kiamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement