Selasa 07 Sep 2021 16:45 WIB

Dai Agen Perdamaian PWM Jatim Perlu Diadopsi Daerah Lain

Program ini bertujuan menjadikan dai turut andil sebagai agen perdamaian.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Dai
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Dai

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Ziyad menuturkan, program dai agen perdamaian Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur merupakan program yang bersifat regional. Program ini bertujuan menjadikan dai turut andil sebagai agen perdamaian.

"Karena dakwah itu mencerahkan, mendamaikan, dan memajukan. Dan kita juga mendorong agar program unggulan PWM Jatim ini diadopsi dan disebarkan ke daerah lain. Akan kita tumbuh-kembangkan di masing-masing provinsi untuk mengadakan yang serupa," kata dia kepada Republika.co.id, Selasa (7/9).

Baca Juga

Menurut Ziyad, daerah yang potensial untuk mengadopsi program tersebut ialah Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Dia menilai, Sumut memiliki kemajemukan yang tinggi sehingga konsep dai agen perdamaian juga bisa dikembangkan di sana dengan penyesuaian terhadap aspek kelokalan dan kekhasan daerah.

"Misalnya, untuk Sumut, bagaimana menjaga harmoni sehingga nanti sebagai agen harmoni. Untuk Kalimantan, mungkin akan berbeda lagi sesuai kekhasan masing-masing. Jadi, mungkin akan berbasis zona kawasan. Ada zona Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, sehingga lebih memudahkan," tuturnya.

Dengan demikian, Ziyad mengatakan, upaya perdamaian di negeri ini menjadi gerakan masif. Dia juga mengingatkan, para dai punya tanggung jawab dan misi besar dalam menjaga perdamaian dan menjadi pelaku perdamaian.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement