Jumat 10 Sep 2021 14:25 WIB

Taliban tak Akan Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

Taliban menyatakan tak ingin memiliki hubungan formal dengan Israel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Taliban berjaga-jaga di luar gedung bekas kedutaan AS saat dinding dicat dengan teks dalam bahasa Arab
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Taliban berjaga-jaga di luar gedung bekas kedutaan AS saat dinding dicat dengan teks dalam bahasa Arab

IHRAM.CO.ID, KABUL --  Taliban menyatakan tak ingin memiliki hubungan formal dengan Israel. “Tentu saja kami tidak akan memiliki hubungan dengan Israel. Kami ingin memiliki hubungan dengan negara lain, (tapi) Israel tidak termasuk di antara negara-negara ini,” kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen saat diwawancara kantor berita Rusia, Sputnik, Kamis (9/9).

Menurut dia, Taliban pun tak keberatan memiliki hubungan dengan Amerika Serikat (AS) yang telah bercokol di Afghanistan selama dua dekade. “Jika Amerika ingin memiliki hubungan dengan kami, yang dapat menjadi kepentingan kedua negara dan rakyat, dan jika mereka ingin berpartisipasi dalam rekonstruksi Afghanistan, mereka dipersilakan,” kata Shaheen.

Baca Juga

Taliban telah mengumumkan struktur pemerintahan barunya di Afghanistan pada Selasa (7/9). Terdapat 33 anggota kabinet dengan Mohammad Hasan Akhund sebagai pemimpin atau perdana menteri. Sejumlah negara telah mengkritik susunan pemerintahan Taliban karena dianggap tak inklusif dan representatif.

Dari 33 anggota kabinet, tak ada satu pun perempuan di dalamnya. Selain itu, seluruh pemegang jabatan adalah anggota atau loyalis Taliban. Tak ada perwakilan dari kelompok-kelompok etnis minoritas di Afghanistan. Kelompok perlawanan The National Resistance Front of Afghanistan (NRF) telah meminta dunia internasional tak mengakui pemerintahan Taliban.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement