Sabtu 11 Sep 2021 18:55 WIB

Tuntunan Rasulullah tentang Mengibaskan Sepatu

Rasulullah mengajarkan untuk terlebih dulu mengibaskan sepatu tersebut.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Rasulullah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Rasulullah

IHRAM.CO.ID, Jika Anda memiliki sepatu yang sudah lama tidak terpakai lalu Anda ingin kembali memakainya maka jangan terburu-buru untuk langsung memakainya. Terhadap benda yang sudah lama tidak digunakan khususnya sepatu, Rasulullah telah memberikan tuntunan agar dalam menggunakan sepatu tersebut kita dapat nyaman dan terhindar dari segala sesuatu yang berpotensi membahayakan diri.

Rasulullah mengajarkan untuk terlebih dulu mengibaskan sepatu tersebut. Dengan tujuan agar seluruh kotoran dan apa pun yang berada di dalam sepatu itu dapat keluar. Sehingga sepatu dapat bersih dan nyaman digunakan. Sebab boleh jadi dalam sepatu itu ada kotoran, atau pun ada binatang kecil yang mematikan semisal kalajengking, laba-laba dan lain sebagainya.

Keterangan Rasulullah tentang mengibas-ngibaskan sepatu yang sudah lama tidak digunakan dapat ditemukan dalam kitab at Targib wat Tarhib.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْاَخِرِ فَلَا يَلْبَسْ خُفَّيْهِ حَتَّى يَنْفُضَهُمَا.

Rasulullah bersabda: barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka jangan lah memakai sepasang sepatunya sampai terlebih dulu mengibas-ngibaskan sepasang sepatunya itu.

Apa yang disampaikan Rasulullah ini menunjukan agungnya ajaran Islam. Yakni bahwa Islam sangat memperhatikan terhadap kebersihan, kesehatan, dan keselamatan. Bahkan terhadap cara menggunakan sepatu pun telah dicontohkan oleh Rasulullah. Selain itu keterangan ini juga tidak hanya berlaku pada ketika akan menggunakan sepatu. Ketika hendak menggunakan baju atau celana, sarung, handuk terlebih yang sudah lama tidak digunakan sebaiknya kibaskan terlebih dahulu. Sebab khawatir bila terdapat kotoran atau pun hewan kecil yang menempel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement