Al-Ahsa, Oasis Kuno Kegemaran Pecinta Sejarah

Ahad , 12 Sep 2021, 11:06 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Al-Ahsa, Oasis Kuno Kegemaran Pecinta Sejarah
Al-Ahsa, Oasis Kuno Kegemaran Pecinta Sejarah

IHRAM.CO.ID,AL-AHSA—Al-Ahsa atau Al-Hasa adalah wilayah oasis tua di Arab Saudi Timur yang memiliki banyak monumen dan istana yang menarik para pecinta wisata sejarah. Salah satu yang paling terkenal adalah Istana Khuzam. Istana bersejarah ini cukup digemari turis, pengunjung dan peneliti sejarah dari dalam maupun luar Kerajaan, karena ragam kisah dan peristiwa selama dua abad terakhir yang dipamerkan di dalamnya. 

 

Terkait

Istana ini terletak di tepi lingkungan Al-Mazruiyah di sebelah barat Al-Hofuf, yang sebelumnya merupakan tempat tinggal orang Badui, yang biasa bepergian ke Al-Ahsa selama musim panas. Mereka menghabiskan sekitar dua bulan bertukar barang untuk bekal perjalanan mereka selanjutnya, seperti kurma, ghee, tekstil, senjata dan amunisi.

Baca Juga

Kedatangan Badui di wilayah itu dulunya merupakan ancaman bagi petani lokal, terutama selama musim puncak tahun ini. Alhasil, benteng dibangun di jalan utama yang menjadi pintu gerbang Al-Ahsa dari sisi barat. Sebuah garnisun besar ditempatkan di kastil untuk melindungi Al-Ahsa dan mencegah konflik atas sumber daya penting antara suku-suku yang menetap di wilayah tersebut. 

Dekat dengan sisi barat istana, ada mata air alami yang pernah dianggap sebagai sumber air utama bagi orang Badui. Mata air yang lebih kecil juga terletak di dalam istana.

Luas istana sekitar 5.600 meter persegi dan dikelilingi oleh tembok. Sebuah pintu masuk utama terletak di tengah dinding utara, dengan pos penjaga di dekatnya untuk penjaga. Menara di tengah istana berbentuk persegi dan memiliki tiga bukaan untuk menjaga istana dari penyerang.

Sumber:

 https://www.arabnews.com/node/1926626

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini