Selasa 14 Sep 2021 16:42 WIB

Yordania Minta AS Bantu Lebanon Atasi Krisis

Yordania menekankan dukungannya untuk Lebanon mengatasi krisis

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi
Foto: EPA-EFE/MUHAMMAD HAMED
Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi

IHRAM.CO.ID, AMMAN -- Menteri luar negeri Yordania, Ayman Safadi telah meminta pejabat senior AS untuk membantu Lebanon mengatasi krisis. Permintaan tersebut disampaikan selama kunjungannya baru-baru ini ke Washington.

Safadi juga menegaskan kembali keputusan Raja Yordania Abdullah II untuk mendukung Lebanon. Penjelasan Ayman kepada Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Lebanon, Dr. Abdullah Bouhabib saat mengucapkan selamat kepadanya atas posisi barunya, berharap dia sukses dalam tugas menterinya. Ayman menekankan dukungan negaranya untuk Lebanon dan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Adapun Menteri energi Mesir, Yordania, Suriah, dan Lebanon baru-baru ini menyetujui peta jalan untuk memasok gas alam ke Lebanon di tengah krisis bahan bakar dan listrik yang sedang berlangsung. Para pejabat mengadakan pertemuan di Yordania di mana Menteri perminyakan Mesir mengatakan bahwa mereka mungkin perlu memeriksa infrastruktur transportasi gas mereka untuk dapat memasok bahan bakar ke Lebanon dan bahwa dia berharap untuk mengekspornya “sesegera mungkin.”

Duta Besar Washington untuk Beirut mengatakan kepada Al Arabiya English bulan lalu bahwa AS sedang dalam pembicaraan dengan Bank Dunia dan pemerintah Mesir dan Yordania untuk membantu menemukan solusi untuk kebutuhan bahan bakar dan energi Lebanon.

“Saya mencoba mencari solusi untuk rakyat Lebanon.  Kami telah berbicara dengan pemerintah Mesir, Yordania, pemerintah di sini (Lebanon), Bank Dunia.  Kami mencoba untuk mendapatkan solusi nyata dan berkelanjutan untuk kebutuhan bahan bakar dan energi Lebanon,” kata duta besar AS untuk Lebanon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement