Hakim Muslim Kedua Duduki Jabatan MA Filipina

Kamis , 16 Sep 2021, 04:55 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Muslim Filipina
Muslim Filipina

IHRAM.CO.ID, MANILA -- Presiden Filipina, Rodrigo Duterte telah menunjuk Hakim Banding Japar Dimaampao (58) ke Mahkamah Agung.

 

Terkait

Dilansir dari laman Manila Times pada Rabu (15/9), Dia merupakan hakim Muslim kedua yang menduduki jabatan di pengadilan tinggi. Sementara Pada 1987, Presiden Corazon Aquino mengangkat Abdulwahid Bidin ke pengadilan.

Baca Juga

Adapun Dimaampao berasal dari Maranao, Lanao Del Sur. Ia ahli dalam hukum perdata, hukum komersial, perpajakan, dan Syariah dan yurisprudensi Islam.

Ia mengajar hukum perdata, perpajakan dan perdagangan antara lain di Pamantasan Ng Lungsod ng Maynila, Universitas San Beda, Universitas Santo Tomas, Universitas Timur dan Sekolah Tinggi Hukum San Beda Manila.

Dimaampao menyelesaikan gelar sarjana hukumnya di UE College of Law pada 1987.

Sebelumya pada 2012 lalu, untuk pertama kalinya Filipina memiliki ketua hakim agung wanita. Presiden Benigno Aquino mengangkat seorang hakim veteran wanita sebagai ketua majelis Mahkamah Agung.

Pengangkatan tersebut dilakukan usai langkah kontroversial Benigno yang menyingkirkan pendahulunya. Hakim Agung,  Maria Lourdes Sereno (52) dilantik untuk menggantikan ketua MA Filipina sebelumnya, Renato Corona.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini