DKI Kembangkan Cikini Jadi Destinasi Wisata Urban

Rabu , 15 Sep 2021, 20:25 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
DKI Kembangkan Cikini Jadi Destinasi Wisata Urban. Papan informasi kawasan terpasang di troroar kawasan Cikini Raya, Jakarta.
DKI Kembangkan Cikini Jadi Destinasi Wisata Urban. Papan informasi kawasan terpasang di troroar kawasan Cikini Raya, Jakarta.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merevitalisasi kawasan Cikini, Monas, dan Pasar Baru menjadi destinasi wisata perkotaan. Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata DKI Jakarta Hari Wibowo mengatakan rencana revitalisasi tersebut didasarkan pertimbangan nilai-nilai sejarah di kawasan tersebut serta situasi pandemi Covid-19.

 

Terkait

"Kami di Jakarta mencoba mengangkat destinasi wisata perkotaan melalui tempat-tempat bersejarah untuk menghidupkan wisata perkotaan. Sasaran utama wisatawannya warga kota itu sendiri," katanya, Rabu (15/9).

Baca Juga

Hari menyebutkan daya tarik wisata di Cikini adalah sejarahnya. Di sepanjang jalan Cikini berjejer bangunan bersejarah yang memiliki kisah tersendiri melintas zaman dan waktu.

Berdasarkan penelusuran berbagai sumber, kata dia, mulai dari era kolonial, kawasan Cikini berkembang seiring dengan perkembangan kawasan perumahan di Gondangdia. Hal itu tergambar pada Gedung Kantor Pos di mulut Jalan Cikini Raya dan rumah pelukis terkenal Raden Saleh Syarif Bustaman yang sekarang menjadi kantor RS PGI Cikini.

Kemudian, di era kemerdekaan hingga saat ini, yang tergambar dari bangunan-bangunan dan usaha-usaha legendaris seperti Bakoel Coffe (1878), rumah Ida Kurani Soedibjo yang menjadi lokasi tiket boks berbagai acara di Jakarta, dan rumah dan pabrik roti Tan EK Tjoan.