Ekosistem Rawa Mesopotamia Semakin Terancam

Jumat , 17 Sep 2021, 05:15 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Rawa (Ilustrasi)
Rawa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  BAGDAD -- Rawa Mesopotamia terletak di tenggara Irak dan dialiri oleh Sungai Efrat dan Tigris. Itu menampung ribuan orang Irak. Dikenal sebagai 'Madan' (Orang Madan) atau 'Marsh Arab' (Orang Arab Rawa).

 

Terkait

Menurut beberapa perkiraan, penduduk di wilayah itu menyebut Rawa Mesopotamia sebagai rumah selama lebih dari 5.000 tahun. Sampai Madan mulai bermigrasi ke daerah perkotaan dalam jumlah besar pada 1950-an, lahan basah menopang mata pencaharian seperti pertanian, perikanan, dan kerajinan tangan.

Baca Juga

"Rawa Mesopotamia memiliki relevansi yang jelas dengan perlindungan lingkungan di Irak, tetapi status mereka sebagai tempat lahir peradaban berarti bahwa mereka memiliki ikatan dengan umat manusia secara keseluruhan," kata seorang peneliti, Austin Bodetti mempelajari yang mempelajari persimpangan Islam, budaya, dan politik di Afrika dan Asia. Dia telah melakukan kerja lapangan di Bosnia, Indonesia, Irak, Myanmar, Nikaragua, Oman, Sudan Selatan, Thailand, dan Uganda.

Selain pentingnya Rawa Mesopotamia bagi warisan budaya Irak, wilayah ini dipenuhi dengan satwa liar dan menopang lingkungan alam di negara itu. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), menyebut Rawa Mesopotamia sebagai perlindungan keanekaragaman hayati ketika organisasi internasional itu menambahkan lokasi tersebut ke dalam daftar warisan dunia pada 2016.

UNESCO menyebut Rawa Mesopotamia unik, sebagai salah satu sistem delta pedalaman terbesar di dunia, di lingkungan yang sangat panas dan gersang.

 

 

 
 

 

BERITA TERKAIT