Sholat Dhuha Menghapus Dosa

Jumat , 17 Sep 2021, 10:38 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Esthi Maharani
Sejumlah umat Islam menunaikan sholat
Sejumlah umat Islam menunaikan sholat

IHRAM.CO.ID, Salah satu ibadah sunah yang sangat disukai Allah dan Rasul-Nya adalah melaksanakan sholat dhuha. Sebagaimana dijelaskan dalam banyak hadits bahwa, pada sholat dhuha terdapat berbagai keutamaan yang diantaranya adalah membuka pintu rezeki.

 

Terkait

Meski demikian tidak banyak orang yang mau mengambil waktunya untuk sholat dhuha di tengah padatnya kesibukan dari pagi hingga siang. Sebab sholat dhua memang hanya bisa dilaksanakan ketika waktu matahari terbit hingga naik satu tumbak sampai waktu matahari tepat di atas langit (istiwa).

Dalam kitab at Targib wat Tarhib terdapat sebuah hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Hadits tersebut menjelaskan salah satu keutamaan sholat dhuha yang dapat menghapuskan dosa.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةِ الضُّحَى غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوْبُهُ وَاِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِالْبَحْرِ.

Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa yang menjaga rakaat genap sholat dhuha maka niscaya doa akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosa-dosanya itu sebanyak buih di lautan.

Berikut niat sholat dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Saya berniat sholat sunah dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini