Senin 20 Sep 2021 10:07 WIB

Santri dan Guru Dayah Insan Quran Divaksinasi

Polres Aceh Besar memfasilitasi vaksinasi santri dan guru Dayah Insan Qurani Aceh

Rep: Ali Yusuf/ Red: Esthi Maharani
Kepolisian Resor Aceh Besar memfasilitasi kegiatan vaksinasi untuk kalangan santri dan guru Dayah Insan Qurani Aceh (IQ) Besar, Sabtu (18/9/2021). Puluhan santri dayah setempat mengikuti vaksin dosis pertama di komplek Dayah IQ, Gampong Aneuk Batee Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar.
Foto: Istimewa
Kepolisian Resor Aceh Besar memfasilitasi kegiatan vaksinasi untuk kalangan santri dan guru Dayah Insan Qurani Aceh (IQ) Besar, Sabtu (18/9/2021). Puluhan santri dayah setempat mengikuti vaksin dosis pertama di komplek Dayah IQ, Gampong Aneuk Batee Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Resor Aceh Besar memfasilitasi kegiatan vaksinasi untuk kalangan santri dan guru Dayah Insan Qurani Aceh (IQ) Besar, Sabtu (18/9). Puluhan santri dayah setempat mengikuti vaksin dosis pertama di komplek Dayah IQ, Gampong Aneuk Batee Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar.

Beberapa hari sebelum kegiatan para santri yang akan mengikuti  vaksinasi sudah didata melalui grup whatsapp pembina dan juga grup wali santri. Khusus vaksinasi yang dilakukan terhadap santri, hanya dilakukan atas persetujuan orang tua. Sebelum vaksin  mereka juga telah dipastikan kondisi kesehatannya, dilakukan screening, sehingga aman untuk mengikuti vaksinasi oleh petugas.

Kapolres Aceh Besar melalui Satbinus Polres Aceh Besar  Iptu Ajisyah mengatakan,  pihaknya gencar melaksanakan kegiatan vaksinasi  di sejumlah tempat untuk pemerataan vaksinasi, melindungi masyarakat dari bahaya Covid-19 dan mewujudkan herd imunity.  

“Upaya dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat kita di Aceh ini ya dengan begini. Kita menjumpai dan mengadakan vaksin di dayah-dayah dan beserta para ulama. Karena ulama adalah salah satu tokoh utama di lapisan masyarakat kita. Dengan ini masyarakat juga tahu bahwa vaksin itu halal. Tidak seperti banyak berita hoaks yang menyebar di khalayak kita,” ucap Ajisyah.

Ia mengajak masyarakat tidak ikut menyebarkan info info hoaks yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Vaksinasi yang dilakukan di Dayah Insan Qurani ini menggunakan vaksin Sinovac dan Moderna.

Ia mengatakan, kepolisian dan Dinas Kesehatan Aceh Besar bersedia diajak bekerja sama dalam mengadakan kegiatan vaksinasi di berbagai lokasi.

“Insya Allah kami selalu siap untuk diajak kerja sama dalam mengadakan vaksinisasi,” tegasnya.

Ia menambahkan, vaksinasi dilakukan demi mencegah dan menekan penyebaran Covid-19. Vaksin sangat penting untuk melindungi diri dari bahaya Covid-19. Ia berharap seluruh masyarakat mau ikut serta vaksinasi.

"Ini adalah salah satu ikhtiar kita supaya segera terbebas dari musibah ini selain juga kita terus berdoa kepada Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Insan Qur'ani Ust. Muzakkir menyampaikan terima kasih kepada Polres Aceh Besar yang telah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi bagi santri dan guru Dayah IQ.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Aceh Besar atas terselenggaranya vaksinasi ini. Kita terus berikhtiar semoga segera terwujud Herd Immunity, kita juga mendoakan kesembuhan negeri yang sedang dilanda pandemi Covid-19," ujar Muzakkir.

Ia juga menyampaikan pelaksanaan vaksin bagi santri tidak ada paksaan, hanya bagi yang mendaftar dan mendapat izin dari orangtua/wali santri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement