Janji Allah Kepada yang Hijrah ke Madinah

Senin , 20 Sep 2021, 13:19 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi peristiwa hijrah.
Ilustrasi peristiwa hijrah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT dalam Surah An-Nisa' Ayat 100 berjanji kepada orang-orang yang hijrah dari Makah ke Madinah karena Allah dan Rasulullah. Mereka yang berhijrah dijanjikan akan mendapat rezeki yang banyak, jika mati dalam perjalanan hijrah maka akan mendapatkan pahala yang ditetapkan di sisi Allah.

 

Terkait

 

Baca Juga

۞ وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً ۗوَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَاجِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗوَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ࣖ

Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS An-Nisa': 100)

Ayat ini dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, Allah menjanjikan kepada orang-orang yang hijrah meninggalkan kampung halamannya karena menaati perintah Allah dan mengharapkan keridhaan-Nya, mereka akan memperoleh tempat tinggal yang lebih makmur, lebih tenteram dan aman dan lebih mudah menunaikan kewajiban-kewajiban agama di daerah yang baru, yaitu Madinah. Janji yang demikian itu sangat besar pengaruhnya bagi mereka yang hijrah.