GACA Minta Maskapai Verifikasi Status Vaksin Ekspatriat

Selasa , 21 Sep 2021, 09:41 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Saudi Arabian Airlines
Saudi Arabian Airlines

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Kerajaan Arab Saudi menginstruksikan semua maskapai penerbangan memverifikasi status kekebalan ekspatriat sebelum menaiki pesawat menuju Kerajaan. Instruksi ini berlaku pula untuk maskapai swasta, yang beroperasi di bandara Kerajaan.

 

Terkait

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (21/9), prosedur tersebut disampaikan GACA dalam sebuah surat edaran yang dikirim ke semua maskapai. Surat edaran tersebut menetapkan salah satu dari dua cara harus diadopsi untuk memverifikasi kelayakan pelancong asing.

Adapun cara yang dimaksud adalah menunjukkan status imunisasi pada aplikasi Tawakkalna, atau menyerahkan laporan yang membuktikan imunisasi dilakukan di Kerajaan melalui platform online Qudoom.

Pihak berwenang juga menekankan perlunya kepatuhan total terhadap arahan baru. Mereka memperingatkan tindakan hukum akan diambil terhadap pelanggar dan harus bertanggung jawab atas segala kemungkinan yang disebabkan oleh pelanggaran tersebut.

Patut dicatat, sebelumnya GACA telah mengeluarkan instruksi kepada semua maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara Kerajaan. Mereka diminta memperbarui mekanisme dan prosedur masuk bagi penduduk dan pengunjung. Pun, periode karantina institusional kini diperpendek hanya lima hari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini