Selasa 21 Sep 2021 22:00 WIB

Adzan Mencegah Bencana

Adzan Mencegah Bencana

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Adzan Mencegah Bencana. Foto:   azan (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Adzan Mencegah Bencana. Foto: azan (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebaik-baiknya perkataan yang keluar dari mulut seorang Muslim adalah seruan kepada yang lainnya untuk menyembah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka dari itu berbanggalah bagi orang-orang yang mengumandangkan adzan (muadzin). Sebab mereka menyeru manusia untuk rukuk dan sujud kepada Allah. Sebagaimana firman Allah SWT: 

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Baca Juga

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (Alquran surat Fussilat ayat 33).

Dalam sebuah hadits nabi Muhammad ﷺ dijelaskan bahwa adzan yang dikumandangkan di sebuah desa itu bisa menjauhkan datangnya bencana atau, adzab Allah. Hadits ini juga dapat ditemukan pada kitab at Targib wat Tarhib.

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَاأَذَّانَ فِى قَرْيَةٍ أَمَّنَهَااللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ عَذَابِهِ ذَلِكَ الْيَوْمَ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Ketika seseorang adzan di dalam satu kampung. Maka Allah memberikan keamanan pada desa itu dari adzabNya (maksudnya dari terjadinya bencana) pada hari itu. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement