Nasaruddin Latif Penasihat Perkawinan Pertama Indonesia (1)

Rabu , 22 Sep 2021, 18:37 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tedjomukti/ Redaktur : Agung Sasongko
Mahar pernikahan/ilustrasi
Mahar pernikahan/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, Buku berjudul, HSM Nasaruddin Latif: biografi dan pemikiran (1996) membahas jejak hidup hingga pemikirannya mengenai pernikahan dalam Islam.

 

Terkait

Nasaruddin memang dikenal sebagai pendiri organisasi yang bergerak di bidang penasihat perkawinan pertama di Indonesia. Langkah tersebut didorong keprihati nannya melihat tingginya angka talak (perceraian) di Tanah Air yang mencapai 500 ribu per tahun atau sekitar 60 hingga 70 persen dari jumlah pernikahan.

Baca Juga

Perceraian sewenang-wenang sangat merugikan perempuan dan anak-anak. Kondisi tersebut sekaligus menunjukkan kurangnya pemahaman masyarakat tentang nilai perkawinan dan keluarga. Masalah ini tidak hanya merusak sendi-sendi kehidupan kemasyarakatan, bahkan dapat merun tuhkan akhlak dan kepribadian serta meluasnya kemaksiatan.

Sejak usia muda dia menekuni profesi sebagai pendidik, yaitu menjadi guru Madrasah Putri di Padang dan Guru Sekolah Muallimin Muhammadiyah. Ketika itu, dia aktif berkecimpung di lingkungan organisasi Muhammadiyah sebagai pengurus.

Nasaruddin lahir 18 September 1916 di sebuah nagari (desa) di tepi barat Danau Singkarak, Sumatra Barat, yaitu Sumpur Padang Panjang. Dia merupakan anak pertama dari keluarga Muhammad Latif dengan istrinya Nipah Usman.