Rabu 22 Sep 2021 19:00 WIB

Pasar Ikan Hias Cianjur Diharapkan Jadi Pemasok Nasional

Keberadaan pasar ikan hias membantu pemulihan ekonomi.

Pasar Ikan Hias Cianjur Diharapkan Jadi Pemasok Nasional. Peternak memberi makan ikan mas koki di sentra budidaya ikan hias.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Pasar Ikan Hias Cianjur Diharapkan Jadi Pemasok Nasional. Peternak memberi makan ikan mas koki di sentra budidaya ikan hias.

IHRAM.CO.ID, CIANJUR -- Pasar ikan hias di Komplek Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Jawa Barat diharapkan dapat menjadi pemasok ikan hias ke berbagai pasar regional, pasar nasional hingga pasar ikan internasional.

Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Syahrudin mengatakan keberadaan pasar ikan hias merupakan wadah bagi pembudidaya ikan yang selama ini banyak memasok ikan hias berkulitas. Pasar ikan hias ini memasok, mulai dari koi hingga arwana sirip merah ke berbagai daerah.

Baca Juga

"Selama ini, Cianjur terkenal sebagai pemasok ikan air tawar konsumsi ke berbagai pasar regional dan nasional. Tentunya akan berpotensi sebagai pemasok untuk berbagai pasar mulai dari lokal hingga internasional," katanya, Rabu (22/9).

Dia mendukung dan akan mempromosikan keberadaan pasar ikan hias yang terletak di komplek Pasar Induk Pasirhayam Cianjur sebagai destinasi yang harus dikunjungi berbagai kalangan, terutama pencinta dan penghobi ikan hias. Ketua Forum Peternak dan Pedagang Ikan Hias Cianjur Mochamad Ikbal Alrozi mengatakan keberadaan pasar ikan hias di Cianjur merupakan impian pembudidaya, pedagang dan penghobi karena selama ini, mereka menjual hasil budidayanya ke pasar di luar Cianjur.

Atas keinginan tersebut, forum mencoba berkomunikasi dengan dinas terkait. "Target kami membantu pemulihan ekonomi khusus untuk pembudidaya, petani, dan pedagang ikan hias yang selama ini tidak memiliki lapak atau kios. Pasar ikan hias untuk sementara hanya buka dua hari dalam seminggu tepatnya Sabtu dan Ahad," katanya.

Saat ini, puluhan pedagang menawarkan berbagai jenis ikan hias dengan berbagai kualitas mulai dari jenis predator, bass, chana, koi, cupang, hiu air tawar, dan berbagai jenis ikan hasil budidaya petani dan pembudidaya di Cianjur. Bahkan ke depan pasar ikan hias di Cianjur akan membudidayakan berbagai jenis ikan endemik Jawa Barat, khususnya ikan hias asli Cianjur.

"Kami akan berburu indukan ikan hias yang termasuk langka dan merupakan endemik asli Cianjur untuk dibudidayakan," kata Ikbal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement