Larangan Tengak-tengkok Ketika Sholat

Kamis , 23 Sep 2021, 11:23 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).

IHRAM.CO.ID, Ketika melaksanakan sholat lakukanlah dengan khusyuk dan tenang. Jangan sampai melakukan gerakan-gerakan diluar gerakan sholat. Sebab selain akan merusak kekhusyuan sholat, banyak bergerak juga bisa membatalkan sholat.

 

Terkait

Bahkan seseorang Muslim yang banyak melakukan gerakan diluar gerakan sholat  seperti menggoyang-goyangkan tubuhnya ketika sholat itu disamakan seperti orang Yahudi ketika mereka beribadah.

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib pada pembahasan peringatan keras bergerak-gerak dan tengkok-tengkok dalam sholat, menuliskan keterangan hadits nabi Muhammad Saw

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اِذَاقَامَ أَحَدُكُمْ اِلَى الصَّلَاةِ فَلْيَسْكُنْ أَطْرَافَهُ وَلَا يَتَمَايَلْ كَمَايَتَمَايَلُ الْيَهُوْدُفَاِنَّ سُكُوْنَ الْاَطْرَافِ فِى الصَّلَاةِ ِمْن تَمَامِ الصَّلَاةِ.

Rasulullah Saw bersabda: Ketika berdiri salah satu kalian untuk sholat maka tenanglah tiap-tiap anggota badannya, dan jangan bergoyang-goyang seperti bergoyang-goyang orang Yahudi. Karena sesungguhnya tenangnya anggota badan di dalam sholat itu sebagian dari keutamaan sholat.

Begitupun ketika sholat jangan sekali-kali tengak-tengkok karena bukan saja membuat sholat tidak khusyuk tapi juga bisa membatalkannya sholat. Bahkan orang yang tengak-tengkok dalam sholat itu sangat dibenci Allah sehingga Allah pun tidak mau memandang orang tersebut.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْاِلْتِفَاتُ فِى الصَّلَاةِ اِخْتِلَا سٌ يَخْتَلِسُهُ الشَّيْطَانُ مِنْ صَلَاةِ الْعَبْدِوَاِنَّ اللَّهَ لَا يَزَ الُ مُقْبِلًا عَلَى الْعَبْدِ فِى الصَّلَاةِ مَالَمْ يَلْتَفِتْ فَاِذَاصَرَفَ وَجْهَهُ انْصَرَفَ عَنْهُ.

Rasulullah Saw bersabda:  Tengak-tengkok (menoleh) ketika dalam sholat itu gangguan, yang mengganggunya itu setan dari sholatnya seorang hamba. Dan sesungguhnya Allah itu tidak henti-hentinya memandang hamba-hamba dalam sholatnya sekama tidak tengak-tengkok. Maka jika hamba itu memalingkan wajahnya, maka berpaling Allah dari hamba itu.  Andrian Saputra

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini