4 Alasan Harus Berjamaah

Kamis , 23 Sep 2021, 13:34 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Esthi Maharani
Sejumlah umat Islam menunaikan sholat Jumat berjamaah
Sejumlah umat Islam menunaikan sholat Jumat berjamaah

IHRAM.CO.ID, Kehidupan Muslim itu berjamaah dalam berbagai hal. Apalagi dalam melaksanakan ibadah sholat. Sebab ada banyak keutamaan ketika seorang mau melaksanakan sholat berjamaah. Berikut 4 alasan mengapa harus sholat berjamaah sebagaimana diambil dari kitab at Targib wat Tarhib:

 

Terkait

1. Sholat berjamaah lebih tinggi derajatnya daripada sholat sendiri

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : صَلَا ةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّبِسَبْعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةً.

Rasulullah Saw bersabda: sholat jamaah itu lebih utama dari pada sholat sendiri, dengan selisih dua tujuh puluh derajat (pahalanya)

2. Besarnya berjamaah Isya dan Subuh

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَفِى جَمَاعَةٍ فَكَاَنَّمَاقَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِى جَمَاعَةٍ فَكَاَنَّمَاصَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ.

Rasulullah Saw bersabda: barangsiapa sholat isya berjamaah maka seperti ia bangun sholat  tengah malam, dan barangsiapa sholat subuh berjamaah maka ia seperti sholat semalam suntuk.

3. Setan menguasai kampung yang tidak ada sholat berjamaah

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَامِنْ ثَلَاثَةٍ فِى قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ وَلَا تُقَامُ فِيْهِمُ الصَّلَاةُ اِلَّا قَدِاسْتَحْوَذَعَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ فَاِنَّمَايَأْكُلُ الذِّئْبُ مِنَ الْغَنَمِ الْقَاصِيَةِ.  

Rasulullah Saw bersabda, tidak ada tiga orang atau lebih di dalam suatu kampung atau di suatu pedalaman, (mereka) tidak mendirikan sholat berjamaah kecuali benar benar setan sudah menguasai atas penduduk kampung yang tidak jamaah itu. Maka tetaplah kalian melaksanakan sholat berjamaah. Karena sesungguhnya bakal menyergap serigala pada kawanan kambing yang terpisah.

Orang yang tidak sholat berjamaah itu ibarat kambing yang lepas dari kawanannya. Ia akan mudah menjadi incaran dan sasaran setan dan kaum-kaum musyrik dan munafik sehingga terjerumus dalam kesesatan.

4. Rasulullah sangat kesal kepada orang yang tak berjamaah

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  لَيَنْتَهِيَنَّ رِجَالٌ عَنْ تَرْكِ الْجَمَاعَةِ أَوْلَاُحْرِقَنَّ بُيُوْتَهُمْ.

Rasulullah Saw bersabda: Sampai benar-benar orang-orang lelaki berhenti meninggalkan jamaah, aku bakar rumah-rumah mereka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini