Munas NU akan Bahas Masalah Keagamaan Aktual

Kamis , 23 Sep 2021, 18:04 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Munas dan Konbes NU pada 25-26 September 2021 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Forum tertinggi kedua di bawah Muktamar NU ini akan membahas berbagai persoalan kebangsaan dan masalah keagamaan aktual.

 

Terkait

Ketua Steering Committee (SC) Munas NU, KH Ahmad Ishomuddin mengatakan, dalam Munas NU para kiai dan ulama akan membahas tentang masalah keagamaan. Karena itu, Munas NU dapat disebut juga sebagai Forum Bahtsul Masail Akbar. 

Baca Juga

"Munas ulama biasa digelar untuk membahas masalah-masalah keagamaan yang menyangkut kehidupan umat dan bangsa sebagai forum Bahtsul Masail Akbar, membahas masalah terkait isu besar yang sifatnya nasional," ujar Kiai Ishomuddin saat konferensi pers secara daring, Kamis (23/9). 

Dia menjelaskan, Munas Alim Ulama NU akan membagi pembahasan keagamaan dalam tiga kategori. Pertama, Bahtsul Masail al-Waqi'iyyah, yaitu pembahasan masalah-masalah keagamaan aktual. Kedua, Bahtsul Masail al-Maudlu'iyyah, yaitu, pembahasan masalah-masalah keagamaan tematik. Ketiga, Bahtsul Masail al-Qonuniyyah, yaitu pembahasan masalah-masalah keagamaan berkaitan dengan perundang-undangan.

Menurut dia, masalah-masalah yang akan dibahas dalam Munas NU juga sudah diterbitkan menjadi buku setebal 156 halaman. Buku tersebut telah dibagikan ke seluruh Indonesia.