Imam Besar Al-Azhar Dijadwalkan Kunjungi Irak

Kamis , 23 Sep 2021, 18:51 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Grand Sheikh Al-Azhar, Mesir, Ahmad Mohamad ath-Tayeb.
Grand Sheikh Al-Azhar, Mesir, Ahmad Mohamad ath-Tayeb.

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Imam Besar Al-Azhar Ahmed al-Tayeb dijadwalkan menggelar kunjungan ke Irak pada November mendatang. Selama kunjungan itu, meski belum dikonfirmasi, al-Tayeb akan bertemu Ayatollah Agung Ali al-Sistani di Najaf.

 

Terkait

Jika hal tersebut terjadi, tatap muka antara pemimpin dua cabang utama Islam, Sunni dan Syiah, akan menjadi sejarah. Dilansir di Asia News, Kamis (23/9), laporan awal menunjukkan kunjungan tersebut akan mencakup ibu kota Irak Baghdad, Mosul, yang pernah menjadi kubu kelompok Negara Islam, Erbil di Kurdistan Irak, serta Najaf.

Baca Juga

Berbicara tentang kunjungan tersebut, al-Tayeb sendiri mendefinisikan Irak sebagai negara yang ia cintai yang ingin ia kunjungi untuk bertemu dengan orang-orangnya yang terhormat. Ia menekankan ada banyak kesamaan antara Irak dan Mesir, di mana universitas al-Azhar berada. Ia juga menggambarkan kedua negara sebagai dua kutub terpenting di dunia Islam.

Duta Besar Irak untuk Mesir, Ahmed Nayef al-Dulaimi, mengatakan persiapan untuk kunjungan penting ini sedang berlangsung. Perjalanan ini akan mencakup beberapa jadwal yang diperpanjang dengan acara-acara penting.