Umat Islam Perlu Jaga Bumi dari Perubahan Iklim

Jumat , 24 Sep 2021, 04:06 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Bumi berada dalam jarak yang paling dekat dengan Matahari. (ilustrasi)
Bumi berada dalam jarak yang paling dekat dengan Matahari. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan iklim di dunia membuat manusia harus dapat merubah kebiasaan buruknya demi kelangsungan bumi. Hal ini juga lah yang harus dilakukan oleh umat islam.

 

Terkait

"Kita semua menyaksikan perubahan iklim selama bertahun-tahun dan mendengar tentang begitu banyak insiden tragis yang terjadi karena perubahan iklim yang menyebabkan banjir, kebakaran hutan, panas ekstrem, kekeringan, dan pencairan gletser dan lapisan es," kata Mohamed Omer, Gardens of Peace, Ilford, dilansir dari laman ilfordrecorder, pada Kamis (2/9).

Baca Juga

Tingkat polusi meningkat secara eksponensial dan semua upaya untuk mengurangi tingkat tersebut tampaknya tidak dapat menguranginya. Dengan diadakannya konferensi COP26 PBB pada November tahun ini di Skotlandia, penting adanya kesepakatan untuk mengatasi masalah kritis ini.

"Bagi umat Islam, kita tidak perlu melihat lebih jauh dari Alquran sebagai pedoman," kata dia.

Ada kurang lebih 200 ayat tentang lingkungan. Disebutkan bahwa, "Sungguh, penciptaan langit dan bumi itu lebih besar daripada penciptaan manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui" (QS. Gafir ayat 57).