Akhirnya, Warga Somalia Bisa Kembali ke Bioskop

Jumat , 24 Sep 2021, 16:45 WIB Reporter :Dwina Agustin/ Redaktur : Agung Sasongko
Pemutaran film di bioskop (ilustrasi)
Pemutaran film di bioskop (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MOGADISHU -- Butuh tiga dekade untuk warga Somalia bisa menikmati hiburan film di bioskop. Tak heran, momen itu disambut antusias warga Somalia di Modagishu. 

 

Terkait

Puluhan warga Somalia berpose untuk swafoto dan mengobrol dengan penuh semangat di deretan kursi merah mewah saat menunggu dimulainya pemutaran film. Kaif Jama yang berusia 24 tahun salah satu yang berada di kerumunan National Theatre. Dia adalah penulis dan bintang dari kedua film di yang diputarkan pertama kali di Somalia.

Baca Juga

Film perdana yang dinikmati warga Somalia adalah kisah horor Hoos, menceritakan tentang seorang perempuan lajang yang pindah ke rumah kosong. Kemudian film bukan komedi romantis berjudul Date from Hell.

"Ini berarti bagi semua orang termasuk saya. Ini untuk setiap orang Somalia yang ingin membuat film," kata Jama yang mengenakan pakaian tradisional Somalia bergaris perak, kuning, dan hijau.

Jama meninggalkan Somalia ketika berusia enam tahun dan pindah antara Kenya dan Uganda sebelum menetap di Kairo pada usia 19 tahun. Sejak itu, dia telah membuat 60 film pendek dan sandiwara dengan pembuat film Somalia Ibrahim CM.