Satgas Ingatkan 6 Faktor Risiko Penularan di Kegiatan Besar

Jumat , 24 Sep 2021, 17:17 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Agung Sasongko
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan enam risiko penularan yang bisa terjadi di perhelatan kegiatan besar. Ini mengingat, akan ada dua kegiatan besar digelar yaitu pertandingan sepak bola liga 1 dan 2 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX.

 

Terkait

Pertama, Wiku mengingatkan kondisi kasus Covid-19 di tempat acara berlangsung. "Tingginya angka infeksi di daerah tersebut dapat meningkatkan resiko penularan kepada partisipan," ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring, Kamis (23/9).

Baca Juga

Kedua, kata Wiku, potensi penularan juga bisa terjadi selama acara berlangsung, yakni di tempat umum, seperti bandara, pesawat, terminal bus, stasiun kereta api dan transportasi umum lainnya. Menurutnya, tempat tempat ini memiliki risiko penularan karena jarak antar penumpang yang sulit dikendalikan serta buruknya sirkulasi udara.

Kemudian ketiga yang menjadi faktor risiko penularan Covid-19 adalah durasi acara. Ia mengatakan, semakin lama acara diikuti individu maka risiko penularan semakin tinggi. "Karena semakin pula peluang terjadinya komunikasi, contohnya berbincang, maupun kontak fisik contohnya berjabat tangan," ujarnya.

Keempat, adalah tata kelola acara. Menurutnya, acara yang digelar dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk, memiliki peluang penularan lebih besar dibandingkan kegiatan luar ruangan.