Masjid Bradford Inggris Rayakan Ulang Tahun ke-40

Senin , 27 Sep 2021, 13:02 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Sebuah masjid di Bradford, Inggris utara
Sebuah masjid di Bradford, Inggris utara

IHRAM.CO.ID, BRADFORD – Masjid di Bradford telah menandai ulang tahunnya yang ke-40 dalam sebuah acara yang diselenggarakan bulan ini. Acara tersebut digelar guna merayakan upaya puluhan tahun untuk memperjuangkan keragaman dan menciptakan masyarakat yang lebih adil.

 

Terkait

Diluncurkan pada tahun 1981, Bradford Council for Mosques (CfM) adalah yang pertama dari jenisnya di Inggris. Para pendiri CfM dan presiden sebelumnya bergabung dengan para pemimpin dari kelompok agama lain serta mitra dari dewan, NHS, dan University of Bradford dalam sebuah acara khusus.

“Ini adalah tonggak sejarah yang luar biasa bagi kami dan untuk Bradford. Kami telah banyak melakukan perubahan positif menuju kesetaraan. Kami telah menghilangkan hambatan kesetaraan. Tidak hanya secara lokal tapi juga di tingkat tinggi secara nasional,” kata Presiden CfM ke-16 Zulfi Karim, dilansir About Islam, Senin (27/9).

Sebagai gagasan dari lima orang, CfM pertama kali diciptakan untuk mempromosikan dan mendukung kode etik Islam, mendorong pemahaman, kerja sama dan saling mendukung antara anggotanya serta membina hubungan dengan semua agama lain.

Banyak Muslim di Inggris memandang Bradford CfM sebagai teladan, sumber utama untuk bimbingan, wawasan, dan kepemimpinan tentang banyak masalah saat ini yang menyentuh kehidupan.

“Kami juga telah memainkan peran kunci di jantung pemerintah yang berbeda, melobi untuk perubahan dan reformasi serta berkontribusi pada pengembangan kebijakan baru,” ujar dia.

Lebih lanjut, Kari mengatakan warga Bradford saat ini memiliki platform terkuat yang dapat terus membuat dampak yang lebih besar untuk membangun komunitas yang lebih kuat, aman, hijau, sehat, dan kohesif. Khususnya di kota yang memiliki presentase anak muda tertinggi di Inggris.

Penduduk Bradford beragam secara etnis dan agama. Kelompok agama terbesar di Bradford adalah Kristen 45,9 persen dari populasi dan hampir seperempat dari populasi 24,7 persen adalah Muslim

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini