Keutamaan Ilmu dan Orang yang Mempelajarinya

Senin , 27 Sep 2021, 13:06 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Ilmuwan Muslimah
Ilustrasi Ilmuwan Muslimah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- H Aswanto Muhammad, Lc dalam buku Haji dan Urgensi Ilmu mengatakan banyak ayat di dalam Alquran di mana Allah memuji orang-orang yang berilmu dan mengangkat kedudukan mereka lebih dari yang lain.  Demikian juga dalam hadits-hadits Rasulullah SAW, cukup banyak sabda beliau yang menganjurkan umatnya untuk berilmu.

 

Terkait

Berikut beberapa keutamaan ilmu dan orang yang mempelajarinya:

1. Ilmu adalah warisan Nabi, orang yang terbanyak memiliki ilmu mendapat bagian terbesar dari warisan tersebut. Rasulullah Saw bersabda:

“Sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi. Sungguh para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanya mewariskan ilmu, maka barang siapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.”(HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Abu Daud).

2. Allah memerintahkan Rasulullah Saw untuk meminta kepadaNya agar ditambahkan ilmu. Allah berfirman yang artinya:

“Dan katakanlah wahai Muhammad: Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu.” (QS. Thaha: 114).

Hal ini menunjukkah keutamaan ilmu daripada harta dan kedudukan, karena Allah tidak memerintahkan NabiNya untuk meminta tambahan sesuatu kecuali ilmu.

3. Menuntut ilmu adalah salah satu jalan menuju surga. Rasulullah Saw bersabda “Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menempuh jalan untuk mencari ilmu bisa diartikan dengan dua makna. Pertama, menempuh jalan dalam arti yang sesungguhnya, yaitu berjalan kaki atau kendaraan menuju majelis (forum) ilmu, baik formal maupun nonformal. Kedua, menempuh jalan dalam arti kiasan, yaitu metode atau sarana untuk mendapatkan ilmu, dengan membaca, mendengarkan, dan mengkaji ilmu, diskusi serta metodemetodelain yang menjadi sarana dalam meraih ilmu.

4. Allah mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, baik di dunia maupun di akhirat, Allah Swt berfirman yang artinya “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberi ilmu di antara kalian beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah: 11)

5. Allah menginginkan kebaikan untuk orang yang berilmu. Rasulullah SAW bersabda “Siapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya, Allah akan memahamkannya dalam agama.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini