Selasa 28 Sep 2021 05:24 WIB

BI: Ekonomi Syariah Tumbuh Lebih Tinggi

Pertumbuhan ekonomi syariah lebih tinggi dibanding ekonomi secara umum

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto: Islamitijara.com
Ekonomi syariah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng menyampaikan sektor ekonomi syariah terus menyumbangkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibanding ekonomi secara umum.

"Pada kuartal II 2021, capaian sektor industri halal seperti makanan halal, fashion, pariwisata tumbuh 8,2 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan PDB nasional yang 7,7 persen, ini tentu harus terus didorong agar jadi arus baru ekonomi Indonesia," katanya dalam Pembukaan FESyar Jawa, Senin (27/9).

Ekspor makanan produk halal Indonesia bahkan tumbuh 46,02 persen pada kuartal II 2021 (yoy). Sugeng mengatakan hal ini tentu merupakan sumber pertumbuhan ekonomi dan peluang agar Indonesia bisa lebih berperan dalam pasar halal global.

Pada akhir 2020, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyampaikan pandemi telah menimbulkan tekanan pada 52 negara anggota. Gangguan pada rantai pasok produk halalnya telah menurunkan investasi produk halal hingga 13 persen.

 

"Ini peluang Indonesia untuk memperbesar penetrasi ekspor, contoh di sektor makanan halal yang pada kuartal II 2020 kita sudah kirim atau ekspor senilai 10,4 miliar dolar AS ke pasar global, tumbuh 46,02 persen secara tahunan," katanya.

Tingginya potensi yang dimiliki Indonesia menimbulkan urgensi untuk memanfaatkan peluang global tersebut. Maka dari itu, upaya untuk terus mengintegrasikan sektor industri halal dari hulu ke hilir perlu semakin ditingkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement