Rabu 29 Sep 2021 00:50 WIB

Amerika Serikat Kirim 1,5 Juta Vaksin Covid-19 ke Mesir

Amerika Serikat mendonasikan vaksin Pfizer sebanyak 500 juta dosis

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Amerika Serikat mendonasikan vaksin Pfizer sebanyak 500 juta dosis. Ilustrasi Pfizer
Foto: EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Amerika Serikat mendonasikan vaksin Pfizer sebanyak 500 juta dosis. Ilustrasi Pfizer

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON— Amerika Serikat mengirimkan lebih dari 1,5 juta dosis vaksin virus corona ke Mesir. Pernyataan ini dijelaskan salah seorang pejabat di Gedung Putih.  

“Hari ini, Amerika Serikat akan mulai memindahkan 1.612.260 dosis vaksin Pfizer ke Mesir melalui COVAX. Donasi ini berasal dari donasi awal 500 juta Pfizer,” jelasnya dilansir dari Al Arabiya English, Senin (27/9). 

Baca Juga

Langkah tersebut memang belum diumumkan Gedung Putih dan terjadi beberapa hari setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengadakan pertemuan puncak Covid-19 dengan para pemimpin dunia. 

Pertemuan itu dilakukan untuk mencari cara mengakhiri pandemi dan bekerja sama untuk mempersiapkan pandemi di masa depan. 

 

Pengumuman itu diperkirakan akan dilakukan Gedung Putih pada Senin malam, kata pejabat itu.

Amerika Serkat dilaporkan telah menyumbangkan lebih dari 1 miliar dosis vaksin di seluruh dunia. Tetapi para ahli kesehatan mengatakan antara 5 miliar dan 6 miliar dosis dibutuhkan di dunia ketiga dan negara-negara miskin. 

“Amerika Serikat tidak dapat dan tidak seharusnya melakukan ini sendirian.  Setiap orang harus bertanggung jawab untuk memenuhi komitmen yang telah kita semua buat untuk mengakhiri pandemi ini dan mencegah yang berikutnya,” kata pejabat Amerika Serikat itu kepada Al Arabiya English. 

“Ini adalah momen unik dalam sejarah, dan itu membutuhkan kepemimpinan Amerika Serikat.  Kami akan terus melakukan semua yang kami bisa untuk membangun dunia yang lebih aman dan lebih aman dari ancaman penyakit menular,” tambah pejabat itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement