Jumat 01 Oct 2021 12:12 WIB

Hikmah di Balik Jumlah Zikir

Ada hikmah di balik jumlah zikir.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Berdzikir. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdzikir. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dilansir di Masrawy, Kamis (30/9), Sekretaris Fatwa di Darul Ifta Mesir Syekh Muhammad Wissam menjelaskan hikmah di balik jumlah zikir dan juga bertasbih kepada Allah SWT. Di sisi lain, beliau juga menjelaskan mengenai hukum syariat dari zikir serta bilangannya itu.

Syekh Wissam mengatakan bahwa bertasbih merupakan salah satu jenis zikir yang diperintahkan Allah SWT, hal ini sebagaimana termaktub dalam Surah Al-Ahzab ayat 41, Dia berfirman, “Ya ayyuhalladzina aamanu-dzkuruullaha dzikran katsiran,”. Yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah (dengan) zikir yang sebanyak-banyaknya,”.

Baca Juga

Beliau menjelaskan mengenai hikmah bertasbih dan berzikir dalam ayat tersebut. Menurutnya, Allah adalah Zat yang tanpa satu pun kekurangan. Dia Sang Pencipta kesempurnaan dan sumber cahaya, dan karena itulah segala pujian dalam zikir dan tasbih memang sudah selayaknya dilekatkan kepada Allah SWT.

Demikian juga Syekh Wissam menjelaskan bahwa sesungguhnya wahyu hanya diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW. Sehingga ketika umat Islam belajar bagaimana mengagungkan Allah dalam shalat, Nabi mengajari umat Islam untuk bertasbih memuji Allah sebanyak 33 kali. Dan ketika kita bertasbih sebanyak 33 kali dan kemudian jumlahnya bertambah sebanyak 33 kali ataupun 34 kali, hal ini menekankan bahwa angka tersebut memiliki rahasia di dalamnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement