Rudy Keltjes Ingatkan Pemain Jatim, Ini Pesannya

Rudy William Keltjes
Rudy William Keltjes
Foto: www.timnas.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Pelatih kepala tim sepak bola putra Jawa Timur Rudy Keltjes tidak mau para pemainnya menjadi lupa diri hanya karena mereka telah berhasil menyapu bersih pertandingan penyisihan Grup B Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Jatim membukukan kemenangan ketiga mereka saat mengatasi Sumatera Utara dengan skor 2-0 dalam laga penutup penyisihan Grup B di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Senin (4/10).

”Saya harus menjaga anak-anak supaya jangan sampai lupa diri. Itu yang berat," kata Rudy ditemui selepas laga.

"Kalau teknis bisa saya latih, sementara nonteknis itu mungkin luput. Umpamanya di malam hari dia banyak menghabiskan waktu bermain, siapa yang bisa menjaga jam tidur dia," tambahnya.

Hanya saja, Rudy meyakini para pemainnya sudah cukup dewasa dan menyadari bahwa kehadiran mereka di Papua mengemban tugas untuk menjaga nama baik Jatim.

Hal itu pula yang mendasari keyakinan Rudy bahwa di dalam timnya tidak ada istilah pemain utama maupun pemain cadangan. Menghadapi Sumut, Rudy melakukan rotasi besar-besaran dengan enam perubahan dalam susunan pemain Jatim dibandingkan pertandingan sebelumnya.

Pun demikian, rotasi itu tak mengurasi daya gedor Jatim yang menang berkat gol-gol sumbangan Rezky Renaldy El Has serta Muhamad Faisol Yunus.

"Semuanya sama, tidak ada cadangan, tidak ada pemain utama. Kalau diberi kesempatan bermain, harus bisa menjaga nama baik Jatim. Harus bisa bertanggung jawab. Kalau tidak, pasti tidak akan saya pasang," ujar Rudy.

Di sisi lain, Rudy mengaku sudah melakukan persiapan rinci sebelum berangkat ke Papua dengan menggelar sesi latihan pada tengah hari guna mengantisipasi cuaca terik sebagaimana terjadi dalam tiap pertandingan Jatim di Grup B.

Kemenangan atas Sumut membuat Jatim lolos sebagai juara Grup B dan di babak enam besar akan bergabung dengan Jawa Barat selaku runner-up Grup A dan Kalimantan Timur sebagai runner-up Grup C di Grup D nanti.

Pertandingan babak enam besar akan mulai bergulir pada Rabu (6/10), tetapi Jatim baru bertanding dua hari berselang menghadapi Kaltim.

Komentar

Terkait


Pesepak bola legendarIs Indonesia Rully Rudolf Nere (kanan) dan Bupati Jayapura Mathius Awoitouw (kiri) membawa obor api PON Papua setibanya di Dermaga Kalkhote, Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Api PON Papua tiba di Kabupaten Jayapura untuk nantinya dibawa ke Stadion Lukas Enembe untuk upacara penyalaan Kaldron pada pembukaan PON Papua.

Legenda Persipura Berkumpul Mengenang Acub Zainal

Delva Risky dari Sumatera Barat peraih medali Emas cabang olah raga Taekwondo Kelas Seniors Female – 73 PON XX PAPUA 2021 di PON XX PAPUA 2021 di GOR Diklat Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura. Senin (04/10),

Delva Risky Pertahankan Emas Taekwondo

Logo PON XX Papua

Aceh dan Kaltim Lolos ke 6 Besar Sepak Bola Putra

Suasana pertandingn polo air putra Papua melawan tim polo air putra Jambi pada PON Papua di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim polo air putra Papua berhasil mengalahkan tim polo air putra Jambi dengan skor 20-17.

Arena Akuatik Papua Memukau, Layak Gelar Lomba Internasional

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah)

Menpora Ingin Fasilitas PON Terus Difungsikan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image