Selasa 05 Oct 2021 01:46 WIB

4 Warga Sipil Dapatkan Lencana Astronaut dari SpaceX

4 warga sipil melakukan penerbangan ke luar angkasa dalam misi Inspiration4.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto yang disediakan oleh SpaceX ini menunjukkan penumpang Inspiration4 di kapsul Dragon pada hari pertama mereka di luar angkasa. Mereka adalah, dari kiri, Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski dan Sian Proctor.
Foto: SpaceX via AP
Foto yang disediakan oleh SpaceX ini menunjukkan penumpang Inspiration4 di kapsul Dragon pada hari pertama mereka di luar angkasa. Mereka adalah, dari kiri, Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski dan Sian Proctor.

IHRAM.CO.ID, KALIFORNIA -- Empat penjelajah ruang angkasa swasta dalam misi bersejarah SpaceX Inspiration4 bulan lalu secara resmi memiliki astronaut wings. Mereka adalah Hayley Arceneaux, Sian Proctor, Chris Sembroski, dan Jared Isaacman.

Awak sipil, yang mengendarai pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon ke orbit pada 15 September dan kembali ke Bumi tiga hari kemudian, menerima astronaut wings dari SpaceX pada Jumat (1/10) dalam presentasi di markas SpaceX di Hawthorne, California.

Baca Juga

“Kemarin kami diberikan Astronaut Wings SpaceX kami. Simbol indah perjalanan kita ini berarti segalanya bagiku!” kata Hayley Arceneaux, salah seorang kru tersebut dilansir dari Space, Senin (4/10).

Arceneaux tidak sendirian dalam kegembiraannya. Sian Proctor, seorang geoscientist dan komunikator luar angkasa yang menjabat sebagai pilot kru Inspiration4 dalam misi tersebut mengekspresikan kegembiraannya di Twitter.

“Aku menangis saat mendapatkan wings-ku,” ujar Proctor.

Selama penerbangan mereka, para astronot Inspiration4 menghabiskan tiga hari mengelilingi Bumi, melakukan eksperimen sains dan menatap keluar jendela tunggal terbesar yang pernah dibuat untuk ruang angkasa. Jendela itu berbentuk kubah yang dipasang SpaceX pada hidup kapsul Dragon untuk misi tersebut. Misi mereka adalah subjek dari serial dokumenter Netflix dan mengumpulkan lebih dari 200 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk St. Jude.

Menurut tim SpaceX dan Inspiration4, para astronot pribadi diundang ke kantor pusat perusahaan pada Jumat (1/10) untuk berbagi pengalaman dari penerbangan luar angkasa mereka. Presentasi astronaut wings rupanya mengejutkan.

“Kru Inspiration4 kami mengunjungi markas SpaceX di Hawthorne, Kalifornia dan terkejut dengan wings SpaceX Dragon,” tulis tim sosialisasi Inspiration4 di Twitter.

Inspiration4 adalah misi ruang angkasa komersial tiga hari yang dibiayai oleh pengusaha dan miliarder Amerika Jared Isaacman. Dia membeli empat kursi untuk mengorbit pada roket SpaceX Dragon dan Falcon 9. Isaacman menyumbang tiga kursi untuk mengumpulkan dana dan kesadaran untuk penelitian kanker anak-anak oleh Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Isaacman, yang belum mengungkapkan berapa banyak yang harus dibayar untuk penerbangan Inspiration4, berterima kasih kepada SpaceX pada Sabtu (2/10) untuk penerbangan tersebut. “Senang melihat semua teman SpaceX kami dan berterima kasih kepada mereka karena membuat misi ini sukses. Kenangan yang luar biasa,” kata Isaacman.

Arceneaux, asisten dokter St. Jude dan penyintas kanker tulang masa kanak-kanak, mewakili rumah sakit dalam penerbangan tersebut. Proctor dan insinyur data kedirgantaraan lainnya, Chris Sembroski, memenangkan kursi mereka sebagai bagian dari kontes publik.

Mereka adalah kru sipil pertama yang terbang di luar angkasa tanpa astronot profesional dan Proctor menjadi pilot pesawat ruang angkasa wanita kulit hitam pertama dalam sejarah dalam penerbangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement