Ribuan Demonstran Tunisia Minta Politisi Korup Disingkarkan

Senin , 04 Oct 2021, 22:21 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Demonstrasi di Tunisia berlangsung di sejumlah kota. Bendera Tunisia
Demonstrasi di Tunisia berlangsung di sejumlah kota. Bendera Tunisia

IHRAM.CO.ID, TUNIS—Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan Tunisia. Mereka menuntut Presiden Kais Saied untuk membersihkan negara itu dari politisi korup. 

 

Terkait

 

Baca Juga

Sekitar 5.000 massa memenuhi Bourguiba Avenue, jalan raya utama di pusat Tunis, meneriakkan “Kita semua Kais Saied, kita semua Tunisia” dan “Rakyat menginginkan pembubaran parlemen.” 

 

Selain Tunis, demonstrasi serentak juga berlangsung di kota industri Sfax, kota tepi laut Sousse, dan Sidi Bouzid, Gafsa, dan Monastir. 

 

Saied mengambil alih kekuasaan eksekutif di bawah konstitusi pada 25 Juli, ketika dia memecat perdana menteri, menangguhkan parlemen dan mulai memerintah dengan dekrit.

Langkah tersebut mendapat dukungan publik yang luar biasa di kalangan rakyat Tunisia yang frustrasi oleh korupsi dan ketidakmampuan ekonomi di kelas politik yang didominasi oleh partai Islam Ennahda, yang pemimpinnya Rached Ghannouchi adalah Ketua parlemen.

 

Saied, yang terpilih pada akhir 2019, mengatakan tujuannya adalah untuk menyelamatkan Tunisia dari “bahaya yang akan segera terjadi” selama krisis ekonomi yang diperparah pandemi Covid-19. Pekan lalu presiden menunjuk dosen universitas Najla Bouden sebagai perdana menteri wanita pertama Tunisia, dan mengarahkannya untuk membentuk Kabinet untuk membebaskan Tunisia dari korupsi politik.

 

“Saied ingin menerapkan reformasi dan kami mendukungnya,” kata Noura ben Fadhel, seorang pegawai negeri, yang turut serta dalam aksi di Tunis. 

 

“Saya datang untuk mendukung perubahan untuk mengakhiri penurunan saat ini. Kami muak dengan itu. Itu sudah berlangsung selama 10 tahun dan itu sudah cukup.”

 

Elyes Ouni, 28, yang ikut berkampanye untuk Saied pada 2019 menyalahkan parlemen sebagai dalang kerusakan negara.

Demonstran lain, Noura Bensalah, mengatakan, “Kami menuntut Saied membubarkan Ennahda dan partai politik yang terlibat korupsi.”

 

Sumber: arabnews    

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini