Wamenag: Teknologi tak Bisa Gantikan Peran Pendidik

Rabu , 06 Oct 2021, 14:30 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa
Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Agama (Wamenag), KH Zainut Tauhid Sa'adi menilai perkembangan teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan, tidak terkecuali di dunia pendidikan. Manfaat teknologi semakin terasa saat dunia tengah didera pandemi Covid-19 seiring berkembangnya kenormalan baru atau new normal.

 

Terkait

"Namun demikian, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran pendidik," kata Kiai Zainut melalui pesan tertulis kepada Republika, Rabu (6/10).

Baca Juga

Wamenag menegaskan, pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan, melalui bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran pendidik, guru maupun dosen, serta interaksi pembelajaran antara pelajar dan pengajar.

"Sebab, edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, dan kompetensi," ujar Wamenag saat menyampaikan pidato pada Konferensi Internasional ke-7 tentang Pendidikan Dalam Masyarakat Muslim yang digelar secara virtual oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wamenag melihat konferensi pendidikan ini sangat penting dan strategis, untuk mendiskusikan sekaligus merumuskan eksistensi pendidikan. Menurutnya, paradigma berpikir tentang pendidikan dan pembelajaran, kurikulum, nilai dan tradisi yang melekat pada budaya bangsa jangan sampai terabaikan. Produk pendidikan harus mampu untuk menjawab kebutuhan masa depan kemanusiaan.