Kamis 07 Oct 2021 05:50 WIB

Dubai Expo Gunakan Robot untuk Bantu Pengunjung

Dubai Expo 2020 memiliki maskot robot bernama Salama, Latifa dan Rashid

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
 Seorang wanita berjabat tangan dengan robot panda di paviliun Tiongkok selama EXPO 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab, 05 Oktober 2021. Sebanyak 192 negara ambil bagian dalam EXPO 2020 Dubai yang berlangsung dari 01 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Seorang wanita berjabat tangan dengan robot panda di paviliun Tiongkok selama EXPO 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab, 05 Oktober 2021. Sebanyak 192 negara ambil bagian dalam EXPO 2020 Dubai yang berlangsung dari 01 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022.

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Pameran Dubai Expo 2020 memberi pengalaman berbeda bagi setiap pengunjungnya. Penyelenggara menggunakan jasa robot untuk melayani pengunjung yang datang ke pameran dunia pertama yang diadakan di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan (MEASA) tersebut.

Robot-robot ini juga dijadikan maskot yang terdiri dari robot bernama Salama dan dua robot bersaudara Latifa dan Rashid. Ada juga robot-guardian Opti, Alif dan Terra yang mewakili tiga subtema Expo 2020 masing-masing, yaitu Peluang, Mobilitas, dan Keberlanjutan.

Saat atraksi petualangan ruang dan waktu untuk menemukan makna di balik World Expo dimulai, para pengunjung akan dipandu oleh robot-robot ini.  Selama petualangan mereka, Rashid dan Latifa harus membuka rahasia Salama, menjelajahi penemuan-penemuan yang mengubah dunia mengungkapkan segalanya di World Expos sebelumnya dan menemukan tentang Expo 2020 dan warisan luar biasa yang akan ditinggalkannya.

Serangkaian film pendek yang dibintangi maskot akan dirilis dalam 12 bulan mendatang, masing-masing berfokus pada subtema Expo. Pengunjung expo juga dapat bertukar lelucon dengan Opti, robot ramah berwarna oranye setinggi satu meter, yang merupakan maskot resmi sekaligus penjaga The Opportunity Pavilion.

Opti dapat ditemukan di sekitar trotoar Expo 2020, terkadang menari dengan teman-temannya, dan menjadi favorit terutama di kalangan pengunjung muda.

Perusahaan teknologi perintis juga telah bekerja sama dengan Expo 2020 Dubai. Salah satunya, Terminus Technologies, adalah penyedia layanan cerdas kecerdasan buatan (AI) terkemuka yang berbasis di China yang membentuk teknologi generasi berikutnya dengan AI dan Internet of Things (AIoT).

Terminus telah menandatangani kontrak jangka panjang di District 2020 sebagai bagian dari ekosistem inovasi yang akan berkembang setelah Expo 2020. Terminus memiliki lebih dari 150 robot yang dapat diprogram untuk berinteraksi dengan pengunjung di Expo.  Robot-robot ini termasuk Opti, salah satu maskot Expo robo-guardian.

Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti layar multi-sentuh, kemampuan jaringan 5G pemetaan objek berbasis AI dan deteksi objek, Opti menjalankan tugas sebagai duta niat baik Expo 2020. Tugasnya juga termasuk menyapa ribuan tamu, tampil dalam tampilan khusus dan memberikan bantuan, serta membantu pengiriman makanan dan minuman, dan layanan perhotelan.

Pada paviliun Jerman di Expo 2020 Dubai, pengunjung juga akan dapat menangkap pandangan futuristik dari karya komposer legendaris Beethoven.  Sebagai bagian dari program budayanya, Lab Budaya paviliun menghidupkan musik Beethoven melalui pertunjukan klasik, rock, akustik, dan elektronik oleh robot.

Sedangkan pengunjung paviliun China 'Light of China' berkesempatan berjabat tangan dengan robot panda.  Paviliun tiga lantai itu sendiri berbentuk seperti lentera merah tradisional Tiongkok, dan menawarkan pandangan sekilas ke masa depan: eksplorasi ruang angkasa, robotika, dan kota pintar.

“Tema paviliun Tiongkok adalah membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, inovasi, dan peluang,” kata Wakil Direktur paviliun Tiongkok, Fang Ke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement