Ahad 10 Oct 2021 00:01 WIB

Sapuhi: Alhamdulillah Akhirnya Umroh Dibuka Lagi

Sapuhi menyatakan siap membantu pemerintah menyiapkan teknis umroh.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Reiny Dwinanda
Jamaah umroh semasa pandemi Covid-19. Menlu Retno Marsudi mengungkapkan Kerajaan Arab Saudi tengah melakukan persiapan agar jamaah umroh asal Indonesia bisa beribadah ke Tanah Suci.
Foto: REUTERS/Yasser Bakhsh
Jamaah umroh semasa pandemi Covid-19. Menlu Retno Marsudi mengungkapkan Kerajaan Arab Saudi tengah melakukan persiapan agar jamaah umroh asal Indonesia bisa beribadah ke Tanah Suci.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wasekjen Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi) Adji Mubarok mengaku bersyukur atas informasi yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengenai persiapan teknis yang tengah dilakukan Kerajaan Arab Saudi bagi jamaah umroh Indonesia. Menurutnya, kabar dari Menlu itu sudah ditunggu umat Islam di Indonesia.

"Alhamdulillah, momen yang kami tunggu-tunggu akhirnya sampai di garis finis," kata Adji, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (9/10).

Baca Juga

Adji mengatakan, umat Islam di Indonesia sudah lama merindukan ibadah di Makkah dan Madinah untuk umroh maupun haji. Ia menyebut, kabar yang disampaikan pemerintah seakan melepas kerinduan kepada Tanah Suci.

Adji memastikan asosiasinya siap membantu pemerintah dalam hal teknis demi menyegerakan terselenggaranya kembali ibadah umroh. Apalagi, selama ini sudah banyak jamaah umroh yang batal diberangkatkan karena pandemi Covid-19 dan mereka ingin segera beribadah ke Tanah Suci.

"Kami selaku asosiasi siap mengawal ini semua agar semua sesuai dengan peraturan yang berlaku dan protokol kesehatan tentunya," katanya.

Adji berharap, kabar gembira ini bisa kembali membangkitkan bisnis travel haji umroh yang sudah tiarap hampir dua tahun lamanya. Ia menyebut, persiapan sudah mulai dilakukan oleh para pelaku bisnis travel umroh, mulai dari berbenah kantor hingga membuka kembali pendaftaran jamaah umroh. Bahkan, para provider visa pun sudah bersiap mengurus izin atau kontrak mereka dengan muasasah.

"Insya Allah semua persiapan sudah dipersiapkan oleh tiap travel umroh-haji. Semoga dalam beberapa hari kedepan Insya Allah sistem pengajuan visa bisa kembali on dan umroh bisa segera dimulai. Aamiin," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement