Senin 11 Oct 2021 18:18 WIB

 Allah Mengajak Manusia Memikirkan Kejadian Alam Semesta

Islam sangat menganjurkan manusia memikirkan dan merenungkan penciptaan alam semesta.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alam semesta (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Alam semesta (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam sangat menganjurkan manusia memikirkan dan merenungkan penciptaan alam semesta. Sebab dalam kejadian alam semesta beserta isinya terdapat tanda-tanda kebenaran dan kebesaran Allah SWT.

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِالْحَقِّۗ وَيَوْمَ يَقُوْلُ كُنْ فَيَكُوْنُۚ قَوْلُهُ الْحَقُّۗ وَلَهُ الْمُلْكُ يَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِۗ عٰلِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَهُوَ الْحَكِيْمُ الْخَبِيْرُ

Baca Juga

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan hak (benar), ketika Dia berkata, "Jadilah!" Maka jadilah sesuatu itu. Firman-Nya adalah benar, dan milik-Nyalah segala kekuasaan pada waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Bijaksana, Maha Teliti. (QS Al-An'am: 73)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, melalui ayat ini, Allah mengajak manusia untuk memikirkan kejadian alam semesta, agar terbuka pikirannya serta meyakini bahwa kejadian alam semesta yang penuh dengan keindahan ada yang menciptakannya. Penciptanya yaitu Allah yang menciptakan langit dan bumi dengan segala penghuninya yang menjadi bukti kebenaran, Allah menciptakan juga hukum alam yang berlaku umum yang kadangkala mengandung hikmah dan rahasia yang menunjukkan sifat-sifat Pencipta-Nya, keesaan-Nya, dan kekuasaan-Nya yang tidak terbatas.

 

Langit dan bumi serta segala isinya diciptakan Allah secara serasi dan teratur, tidak ada yang sia-sia. Allah berfirman, "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia." (QS Ali Imran: 191)

Allah juga berfirman, "Dan tidaklah Kami bermain-main menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Tidaklah Kami ciptakan keduanya melainkan dengan haq (benar)." (QS Ad-Dukhan: 38-39)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement